Ini 7 Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Ini 7 Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Tips persiapan mendaki gunung--Foto : ksdae.menlhk.jpeg

 

2. Gunung Kencana, Bogor

Gunung Kencana yang berada di Kecamatan Cisarua, Bogor, memiliki ketinggian 1.803 mdpl. Jalurnya menawarkan pemandangan indah, dengan vegetasi yang bervariasi, mulai dari rotan hingga aneka jenis perdu.

Salah satu rute terkenal di gunung ini adalah Tanjakan Sambalado, sebuah jalur terjal dengan kemiringan 45 derajat yang terbuat dari kayu, memberikan tantangan fisik namun tetap bisa dijajal oleh pemula.

 

3. Gunung Papandayan, Garut

Gunung Papandayan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, memiliki ketinggian 2.665 mdpl. Jalur pendakiannya relatif landai dan menawarkan pemandangan kawah-kawah aktif, seperti Kawah Mas dan Kawah Nangklak. Salah satu daya tariknya adalah Blok Pondok Saladah, sebuah padang rumput yang kerap menjadi tempat berkemah sebelum mencapai puncak. Kawasan ini juga dihiasi oleh tanaman edelweis yang membuatnya semakin memikat.

BACA JUGA:Persiapan dalam Mendaki Gunung: Meningkatkan Keselamatan dan Kenikmatan Pendakian

BACA JUGA:Kisah Pendaki Bertahan Hidup Setelah Hilang 3 Bulan di Gunung Salak


Ini 7 Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula--Foto : indonesia.go.id/Antara

 

4. Gunung Andong, Magelang

Gunung Andong di Magelang, Jawa Tengah, memiliki ketinggian 1.726 mdpl dan cocok untuk pendaki pemula. Medannya cukup bervariasi dan tidak terlalu sulit.

Dari puncak Gunung Andong, pendaki dapat menikmati pemandangan matahari terbit yang spektakuler. Gunung ini memiliki enam basecamp sebagai titik awal pendakian, dengan basecamp Taruna Jaya Giri via Dusun Sawit sebagai yang paling populer.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indonesia.go.id