Ibu Hamil Sering Tidur Menyebabkan Bayi Menjadi Kotor Saat Lahir, Mitos atau Fakta ?

Ibu Hamil Sering Tidur Menyebabkan Bayi Menjadi Kotor Saat Lahir, Mitos atau Fakta ?

Ilustrasi Ibu Hamil Mengantuk--sumber.klikdokter-

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Kehamilan merupakan sesuatu yang sangat dinantikan oleh pasangan yang baru maupun sudah lama menikah terutama untuk kaum perempuan. Dapat merasakan proses kehamilan adalah suatu hal istimewa yang hanya bisa dirasakan oleh perempuan. Karena kehamilan merupakan pelengkap gelar seorang istri menjadi ibu.

Mengandung kurang lebih selama 9 Bulan tentu banyak hal yang akan dilalui dan dirasakan selama hamil tersebut. Setiap ibu akan mengalami proses hamil yang berbeda namun pada umumnya secara tidak sadar tubuh mereka akan merasakan dan merespon hal yang serupa. Mulai dari pusing, mual, mudah lelah, sakit pinggang bahkan pingsan.

Namun uniknya banyak ibu hamil yang merasakan selama kehamilan tersebut mereka menjadi lebih sering mengantuk dan ingin selalu tidur.

Karena hal tersebut banyak yang berasumsi dan mengatakan bahwa jika ibu hamil keseringan tidur nanti akan berdampak kepada bayi nya, yaitu ketika bayi tersebut lahir akan terdapat banyak kotoran. Pernyataan tersebut mitos atau fakta ? Ini penjelasanya menurut dokter kandungan.

BACA JUGA:Siapa Bilang Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Nanas? Ini Manfaat Buah Nanas bagi Ibu Hamil

BACA JUGA:Ngidam Ketemu Bupati Banyuasin, Ibu Hamil di Pangkalan Balai Langsung Dijenguk Askolani

Ibu hamil yang keseringan tidur, nanti ketika lahir bayinya banyak kotoran itu adalah MITOS !

Jadi, wanita hamil memang sering merasa mengantuk khususnya di awal kehamilan karena pada saat awal hamil hormon – hormon hamil membuat ibu merasa mengantuk dan ingin tidur. Jadi itu adalah hal wajar dan normal.

Namun biasanya itu hanya terjadi di awal kehamilan. Ketika  masuk dimasa trimester kedua dan trimester ketiga biasanya ibu hamil sudah bisa beradaptasi dan sudah bisa berkurang keluhan seperti itu. 

Yang dikatakan tidur berlebihan adalah tidur yang lebih dari 9 atau 10 jam dalam satu hari. Namun jika ibu hami masih tidur hanya 7 sampai 9 jam itu masih dianggap normal. Dan baiknya memang ibu hamil tidur 7 sampai 9 jam karena itu adalah termasuk tidur cukup.

BACA JUGA:Wah! Ternyata Ini Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

BACA JUGA:Inilah 5 Tanda Wanita Positif Hamil dan Kenali Gejalanya

Nah jadi apa hubungannya kalau tidur yang berlebihan dengan keadaan sang bayi ?. Jadi sebenarnya bukan bayi nya yang menjadi banyak kotoran akan tetapi hal tersebut memang bisa menganggu kepada kesejahteraan si bayi di dalam rahimnya. 

Jadi apabila ibu hamil banyak tidur lebih dari 9 atau 10 jam  pada saat itu bisa membuat tekanan darah lebih rendah daripada biasanya. Dengan tekanan yang rendah itu bisa menganggu pada aliran darah kepada sang bayi. Aliran darah bayi akan ikut menjadi rendah daripada biasanya. Sehingga suplai dan oksigen makanan ke bayi bisa berkurang. Akibatnya hal tersebut membuat kesejahteraan sang bayi bahkan perkembangan bayi terganggu.

Tak hanya itu, kelebihan jam tidur pun akan membuat sang ibu menjadi lebih obesitas atau kegemukan. Hal tersebut juga menjadi salah satu yang membuat kehamilan dan pertumbuhan sang bayi terhambat. Jadi sebaiknya ibu hamil dapat mengatur pola tidur sebaik – baiknya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber