Simak, Ini Cara Praktis Merawat Mesin ATV Agar Tetap Awet dan Bertenaga

Simak, Ini Cara Praktis Merawat Mesin ATV Agar Tetap Awet dan Bertenaga

Merawat mesin ATV sangat penting untuk memastikan kendaraan tetap berfungsi optimal dan memiliki umur panjang Komponen penting lain dari mesin ATV meliputi sistem pembakaran, transmisi, pendingin, dan sistem pembuangan. --Foto: Instagram@garasi_omdick_jakarta

Filter udara yang bersih memastikan mesin menerima aliran udara yang cukup untuk pembakaran yang efisien.

Debu dan kotoran yang menumpuk di filter udara dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan mesin bekerja lebih keras, yang akhirnya bisa mengurangi umur mesin.

Periksa filter udara secara rutin, terutama setelah berkendara di medan berdebu atau berlumpur. Bersihkan atau ganti filter udara jika sudah terlalu kotor.


mesin ATV meliputi sistem pembakaran, transmisi, pendingin, dan sistem pembuangan. -- Foto: Instagram@garasi_omdick_jakarta

3. Memeriksa Sistem Pendingin

ATV dilengkapi dengan sistem pendingin, baik itu pendingin udara atau cairan. Pastikan sistem pendingin berfungsi dengan baik untuk menghindari mesin dari overheating.

Untuk ATV dengan sistem pendingin cairan, periksa level cairan pendingin secara rutin dan tambahkan jika perlu.

Juga, periksa radiator dan kipas pendingin untuk memastikan tidak ada kebocoran atau penyumbatan.

4. Menjaga Kebersihan Busi

Busi yang kotor atau aus dapat mengurangi efisiensi pembakaran dan performa mesin. Periksa kondisi busi secara berkala dan bersihkan jika terdapat kerak atau kotoran.

BACA JUGA:Penurunan Penjualan Mobil Listrik di Jerman, Tantangan Baru bagi Masa Depan Industri Otomotif

BACA JUGA:Nissan Serena e-Power : Mobil Keluarga Canggih dan Ramah Lingkungan

Jika busi sudah terlalu aus atau rusak, segera ganti dengan yang baru. Penggantian busi secara teratur akan membantu menjaga performa mesin ATV tetap optimal.

5. Pemeriksaan Rantai dan Sproket

Rantai dan sproket yang aus atau kendor dapat menyebabkan masalah serius pada ATV. Pastikan untuk selalu memeriksa ketegangan rantai dan kondisi sproket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber