Efek Stres Yang Berlebihan & Penanganan Stress Ekstrim terhadap Kesehatan Mental

Efek Stres Yang Berlebihan & Penanganan Stress Ekstrim terhadap Kesehatan Mental

Ilustrasi Stres--pixabay.com_hamedmehrnik

Selain bantuan profesional, orang yang menderita stres berat juga dapat mengambil tindakan manajemen diri. 

Mengelola stres melalui teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam dapat membantu mengurangi kecemasan dan ketegangan. Olahraga juga dianggap sebagai cara yang efektif untuk mengurangi stres karena dapat meningkatkan produksi endorphin tubuh, yaitu hormon bahagia.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dalam Khasiat Buah Bit Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA: Pindang Ikan Baung: Lezat dan Bermacam Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Selain itu, pola makan yang sehat, tidur yang cukup dan menghindari alkohol dan penggunaan obat-obatan terlarang merupakan faktor penting dalam melawan stres berat.

Mendukung diri sendiri dengan melakukan hobi, bersosialisasi dengan orang terdekat ataupun orang tersayang, dan berpartisipasi dalam aktivitas yang Anda sukai juga dapat membantu mengurangi stres.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang mengatasi stres berat secara berbeda dan tidak semua strategi mengatasi bekerja untuk semua orang. Oleh karena itu, penting bagi individu untuk meneliti dan menemukan strategi yang efektif bagi mereka.

Kesimpulannya, tingkat stres yang tinggi dapat berdampak signifikan pada kesehatan mental seseorang. Gangguan kecemasan, depresi, gangguan makan, dan masalah kesehatan fisik adalah beberapa efek paling umum dari tingkat stres yang tinggi.

BACA JUGA:Renyah dan Gurih, Namun Opak Singkong dapat Membahayakan bagi Kesehatan

BACA JUGA:'Obat merah' Ini Bukan Hanya Baik bagi Kesehatan, Ternyata Bisa Dahsyat Pasangan Semakin Romantis

Namun, dengan bantuan profesional dan tindakan pengelolaan diri yang tepat, stres berat dapat dikendalikan dan dikelola. Penting bagi orang yang mengalami stres tingkat tinggi untuk mencari bantuan dan dukungan yang mereka butuhkan dan mengambil langkah-langkah untuk menjaga kesehatan mental mereka.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber