Cara Praktis Mengatasi Motor Mogok di Jalan

Cara Praktis Mengatasi Motor Mogok di Jalan

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan motor mogok --foto : freepik.com

 

Busi yang kotor atau aus bisa menyebabkan masalah pengapian.memeriksa bahan bakar. Jika saat berkendara motor terasa tersendat-sendat dan tiba-tiba mesin mati, kemungkinan besar penyebabnya adalah bahan bakar yang habis. 

Cara mengatasinya adalah dengan mengisi ulang bahan bakar. Untuk menghindari masalah ini di kemudian hari, sebaiknya periksa level bahan bakar sebelum berkendara. Ini sangat penting terutama jika indikator bahan bakar di kendaraan sudah tidak berfungsi. 

 

2. Cek Koneksi dan Kabel:

Periksa semua kabel dan konektor untuk memastikan tidak ada yang longgar atau putus.memeriksa kondisi busi. Busi yang rusak juga bisa menyebabkan motor mogok. 

Anda dapat memeriksa busi dengan membersihkan kepala busi terlebih dahulu, kemudian mencoba menyalakan motor sambil mendekatkan busi ke bagian mesin. 

Jika ada percikan api berwarna biru, berarti busi masih berfungsi dengan baik dan dapat dipasang kembali. Namun, jika tidak ada percikan api sama sekali, busi tersebut perlu diganti dengan yang baru.

BACA JUGA:Mobil Anda Mogok Saat di Perjalanan?, Jangan Kuatir, Ini Solusi Cerdas yang Dapat Anda Terapkan

BACA JUGA:Penggemar Otomotif Klasik: Ini Cara Merawat Motor Vespa Tua agar Tidak Sering Mogok

 

3. Periksa Fuses:

Pastikan fuse atau sekring dalam keadaan baik. Jika fuse putus, ganti dengan yang baru dengan rating yang sesuai.mesin yang terlalu panas, langkah yang harus diambil adalah mengistirahatkan mesin.

Jika Anda menduga mesin motor terlalu panas, segera hentikan kendaraan dan biarkan mesin mendingin sepenuhnya sebelum melanjutkan perjalanan. 

Setelah mesin kembali pada suhu normal, Anda dapat melanjutkan perjalanan seperti biasa. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya berhenti dan beristirahat secara berkala, terutama dalam perjalanan jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber