Amalan-amalan Ringan Namun Berpahala Besar, Yuk Amalkan!

Amalan-amalan Ringan Namun Berpahala Besar, Yuk Amalkan!

Ada sejumlah amalan dalam Islam yang terbilang ringan dikerjakan tetapi ganjaran pahalanya cukup besar jika rutin dikerjakan setiap hari.--freepik.com/@sketchepedia

Kendati demikian, ada beberapa amalan yang sederhana berpahala besar, yang mudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Mungkin untuk sebagian orang, amalan-amalan ini banyak terlupakan. Namun, siapa sangka meski terlihat sederhana, pahala yang diraih sungguh besar apabila kita melakukannya dengan ikhlas dan istiqomah.

Dari Abu Hurairah dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW mengatakan bahwa ada dua kalimat yang ringan diamalkan oleh lisan tapi berat dalam timbangan. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

BACA JUGA:Ini Jenis-jenis Penyakit Hati dalam Islam, Waspadalah!

BACA JUGA:Ujian Hidup dari Allah SWT Hakikatnya untuk Meningkatkan Derajat Manusia

"Ada dua kalimat, yang ringan di lisan tetapi berat dalam timbangan dan dicintai oleh ar-Rahman, ‘Subhanallah wa bi hamdih’ (Mahasuci Allah dan Segala puji hanya bagi-Nya) dan ‘Subhanallahil 'azhim’ (Mahasuci Allah yang Maha agung).”

Selain dua kalimat tersebut, ada sejumlah amalan ringan lain yang bisa dikerjakan dalam kehidupan sehari-hari namun memiliki pahala besar. Berikut paltv.co.id rangkum dari berbagai sumber.

Membaca Basmalah Setiap Memulai Aktivitas

Mungkin sebagian orang terkadang lupa untuk membaca basmallah (bismillahirrahmanirrahim) saat memulai suatu pekerjaan ataupun aktivitas lainnya.

BACA JUGA:Ini Cara Membahagiakan Istri Menurut Islam Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

BACA JUGA:Inilah Waktu-waktu yang Tidak Dianjurkan untuk Tidur dalam Islam

Namun, tanpa disadari amalan ini memiliki nilai ibadah yang luar biasa. Bahkan, amalan ini dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagaimana beliau bersabda:

"Setiap amalan yang terdapat kepentingan di dalamnya jika tidak dimulai dengan menyebut nama Allah maka terputus keberkahannya." (HR Abu Daud dan Nasa'i)

Bahkan tidak hanya itu, dikutip dari penjelasan ustadz Adi Hidayat dalam ceramahnya pada chanel youtube Adi Hiidayat Official, kalimat bismillah tidak akan menjerumuskan kita pada kemaksiatan.

“Kalimat bismillah kalau difungsikan dengan benar akan memberikan pengaruh yang dahsyat dalam hidup. Tidak mungkin bismillahirrahmanirrahim menjerumuskan kita kepada maksiat,” ungkap ustadz Adi hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber