Pemkab Muba Gencar Kendalikan Inflasi, Langkah Nyata dan Kolaborasi Proaktif

 Pemkab Muba Gencar Kendalikan Inflasi, Langkah Nyata dan Kolaborasi Proaktif

Pemkab Muba Gencar Kendalikan Inflasi, Langkah Nyata dan Kolaborasi Proaktif--Foto: dinkominfo muba

SEKAYU, PALTV.CO.ID- Pemkab Musi Banyuasin di bawah pimpinan Pj Bupati Muba, H Sandi Fahlepi, terus berupaya menekan laju inflasi di wilayahnya.

Dengan rutin mengikuti rapat koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual, mereka menunjukkan komitmen yang kuat dalam menjaga stabilitas ekonomi daerah.

Dalam Rakor kali ini, yang dipimpin oleh Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Tomsi Tohir, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba, Andi Wijaya Busro, bersama OPD terkait, aktif berpartisipasi dari ruang rapat Randik pada Senin (29/7/2024).

Plt. Sekjen Kemendagri, Tomsi Tohir, mengungkapkan bahwa harga beras mulai merangkak naik dalam tiga minggu terakhir. Ia menekankan pentingnya evaluasi dan solusi atas kendala distribusi yang ada, serta mengajak semua stakeholder untuk berperan aktif dalam mengatasi masalah ini.

BACA JUGA:Personel Polres Muba Berpartisipasi dalam Donor Darah Hari Bhakti Adhyaksa Ke-64 di Kejari Muba

Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kemendagri, Bambang Wisnu, menambahkan bahwa meski harga beras, cabai, dan minyak goreng masih stabil, ada kenaikan yang tidak lebih dari 1%.

"Kita harus mendorong regulasi agar segera diterbitkan dan diterapkan untuk memulihkan DMO dan menstabilkan distribusi. Pemda setempat juga harus mengawasi distributor agar tidak terjadi penimbunan barang," tegasnya.

Kepala Divisi Perencanaan Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog, Epi Sulandri, menyarankan untuk mengadakan operasi pasar murah secara berkala di setiap kecamatan/kelurahan, menambah jumlah pengecer SPHP, serta bekerja sama dengan pihak Kepolisian, Pemda, BI, dan lainnya dalam menjaga stabilitas harga beras.

Menanggapi hal ini, Asisten II Setda Muba, Andi Wijaya, menegaskan bahwa Pemkab Muba akan terus mendukung upaya pemerintah pusat dalam mengatasi inflasi. "Kami akan mengawasi petani lokal dan distributor dalam daerah untuk menekan dan menurunkan harga cabai di Kabupaten Musi Banyuasin," ujarnya.


Pemkab Muba Gencar Kendalikan Inflasi, Langkah Nyata dan Kolaborasi Proaktif--Foto: dinkominfo muba

Data menunjukkan kenaikan harga pada komoditi cabai di Muba. Andi Wijaya mendorong OPD terkait untuk lebih proaktif dalam mengambil langkah konkret menjaga stabilitas ekonomi daerah dan mengendalikan inflasi, sejalan dengan arahan pemerintah pusat. "Operasi pasar murah yang telah berjalan saat ini adalah salah satu langkah nyata kami," tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: