Kemenkumham Sumsel Siap Meriahkan Hari Pengayoman ke-79 dengan Serangkaian Acara Istimewa 2024

 Kemenkumham Sumsel Siap Meriahkan Hari Pengayoman ke-79 dengan Serangkaian Acara Istimewa 2024

Kemenkumham Sumsel Siap Meriahkan Hari Pengayoman ke-79 dengan Serangkaian Acara Istimewa 2024--foto/ dokumentasi Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya, menyatakan kesiapan pihaknya untuk memeriahkan Hari Pengayoman ke-79 pada tahun 2024. Perayaan ini akan dimulai pada 15 Juli 2024 dan puncaknya pada 19 Agustus 2024.

Ilham menjelaskan bahwa tema Hari Pengayoman tahun ini adalah "Kementerian Hukum dan HAM Mengabdi untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045." Tema ini bertujuan agar seluruh ASN Kemenkumham dapat memberikan pelayanan hukum dan HAM yang prima kepada masyarakat Indonesia.

“Sebagai catatan, sebelumnya perayaan hari lahir Kemenkumham dikenal sebagai Hari Dharma Karya Dhika yang diperingati setiap 30 Oktober. Namun, karena tanggal tersebut juga merupakan Hari Kehakiman, maka mulai tahun ini, hari lahir Kemenkumham akan diperingati sebagai Hari Pengayoman pada 19 Agustus,” jelas Ilham.

Menurut Ilham, rangkaian acara Hari Pengayoman mencakup pembukaan oleh Menteri Hukum dan HAM, diikuti oleh Doa Bersama Untuk Negeri yang diikuti oleh lima pemuka agama: Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha.

BACA JUGA:Ulasan Speaker Sonodyne Antara: Sempurna Untuk Suara Jernih

Acara tahun ini mencakup empat kategori kegiatan. Pertama, bakti sosial seperti donor darah, program Kumham Peduli, dan pembersihan tempat ibadah. Kedua, olahraga dan seni, termasuk olahraga resmi, tradisional, dan kesenian.

Ketiga, pelayanan publik yang melibatkan pameran pelayanan publik, paspor serentak, penyuluhan hukum dan HAM, serta pameran hasil karya warga binaan.

Terakhir, kategori upacara yang meliputi tabur bunga, ziarah ke makam pahlawan, silaturahmi dengan purnabakti, serta puncak upacara dan syukuran pada 19 Agustus 2024.

Ilham Djaya mengajak seluruh jajaran di Sumatera Selatan untuk aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan, mengingat perayaan ini bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

BACA JUGA:Turun Harga Rp 30 Juta! Bisa Matic, Bisa Manual, Honda CRF1100L Africa Twin 2024

“Sesuai arahan Menteri Hukum dan HAM, Bapak Yasonna, mari kita gunakan momen ini untuk bersyukur, melakukan introspeksi diri, dan menetapkan resolusi yang akan membantu kita mencapai visi Indonesia Emas 2045,” tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: