Kisah Dibalik Hari Asyura: Nabi Musa AS Membelah Lautan dan Tenggelamnya Firaun

Kisah Dibalik Hari Asyura: Nabi Musa AS Membelah Lautan dan Tenggelamnya Firaun

Kisah Dibalik Hari Asyura:--Foto : Freepik.com/sketchpedia

Dari peristiwa tersebut, Nabi Musa AS mengerjakan puasa pada hari Asyura dan diikuti kaumnya atas rasa syukur dan nikmat dari pertolongan Allah SWT. Sebagaimana dikisahkan dalam hadis Rasulullah SAW riwayat Ibnu Abbas RA yang termuat dalam kitab Riyadhus Shalihin karya Imam an-Nawawi.

“Ketika rasulullah SAW tiba di Madinah, Rasulullah SAW mendapati orang-orang Yahudi melakukan puasa Asyura. Kemudian Rasulullah SAW bertanya, 'Hari (yang kalian puasa) ini adalah hari apa?' lalu, mereka orang-orang Yahudi tersebut menjawab, 'Ini adalah hari yang baik. Ini adalah hari di mana Allah menyelamatkan Musa dan kaumnya. Ketika itu pula Firaun dan kaumnya ditenggelamkan. Musa berpuasa pada hari ini dalam rangka bersyukur, maka kami pun mengikuti beliau berpuasa pada hari ini.' Rasulullah SAW lantas berkata, 'Kita seharusnya lebih berhak dan lebih utama mengikuti Musa daripada kalian.' Lalu setelah itu Rasulullah SAW memerintahkan kaum muslimin untuk berpuasa.” (HR. Muslim)

Demikianlah penjelasan tentang peristiwa bersejarah dalam Islam yang terjadi pada hari Asyura yang bertepatan dengan 10 Muharram.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber