Langit Kreativitas Palembang Berselimut Duka, Maestro Elly Rudy Pencipta Tari Tanggai Meninggal Dunia

Langit Kreativitas Palembang Berselimut Duka, Maestro Elly Rudy Pencipta Tari Tanggai Meninggal Dunia

Langit kreativitas Palembang berselimut duka, Maestro Elly Rudy pencipta Tari Tanggai meninggal dunia, Selasa (16/7/2024).-Devi Setiawan (Cek Dev)-instagram.com/@cekdev

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kabar duka menyelimuti langit kreativitas dunia seni di Kota Palembang. Maestro pencipta Tari Tanggai nan legendaris, Elly Rudy (76), telah pulang ke haribaan Sang Maha Pencipta pada hari Selasa, 16 Juli 2024 pukul 02:30 WIB.

Kabar kepulangan maestro tari Elly Rudy ramai berseliweran di grup-grup WhatsApp dan media sosial. Semua merasa kehilangan sosok sang maestro.

“Assalamualaikum wr wb. Innalilahi wa innailaihi rojiun. Kami pihak keluarga ELLY RUDY ingin mengabarkan bahwasannya beliau telah berpulang pada hari Selasa 16 Juli 2024 pukul 02:30 WIB. Mohon maaf jika ada salah maupun kekhilafan. Semoga beliau diterima di sisi Allah SWT.”

Begitulah pesan yang mengabarkan kepulangan Sang Maestro Tari Elly Rudy di grup WhatsApp DULUR SENIMAN PALEMBANG.

BACA JUGA:Kini Bayar Pajak di Kabupaten OKI Lebih Gampang, Bisa Pakai QRIS dan Virtual Account


Jasad almarhumah Bunda Elly Rudy ditutupi kain Songket Palembang, Selasa (16/7/2024).--Grup WhatsApp DULUR SENIMAN PALEMBANG

Sosok almarhumah yang akrab disapa Bunda Elly Rudy ini lahir di Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, 29 Oktober 1948.

Selain terkenal sebagai pencipta Tari Tanggai, sosok legendaris dari Bumi Sriwijaya ini juga semasa hidupnya terlibat sebagai anggota grup penari Gending Sriwijaya pada tahun 1962 di bawah pimpinan Sukaenah Rozak.

Kemudian pada tahun 1965, Bunda Elly Rudy menciptakan tari persembahan Palembang, Tari Tanggai, yang hingga kini selalu memeriahkan acara-acara resmi dan pernikahan adat Palembang.

Pada tahun yang sama, Bunda Elly Rudy menjadi duta Indonesia sebagai penari pada event New York World Fair Amerika.

BACA JUGA:Tradisi Bubur Asyuro 10 Muharram di Kampung Alkaff dan Al-Habsy Palembang


Foto Bunda Elly Rudy bersama tim penari Gending Sriwijaya pimpinan Sukaenah Rozak sekitar tahun 1963.-Koleksi pribadi Elly Rudy-instagram.com/@bundaellyrudymaestrotari

Sejak masa itu hingga kini, Bunda Elly Rudy semakin berkiprah di dunia seni tari, mulai dari tingkat lokal Palembang, nasional, hingga internasional.

Pada tahun 2017 silam, PALTV pernah mendapat kehormatan mengajak Bunda Elly Rudy sebagai narasumber pada program Bebaso Pelembang edisi “Menjago Seni Tari Tradisi”, yang tayang pada hari Senin, 15 Januari 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: