Sering Dianggap Sepele, Waspada Tanda Amandel Tidak Sehat yang Bisa Berakibat Fatal!

Sering Dianggap Sepele, Waspada Tanda Amandel Tidak Sehat yang Bisa Berakibat Fatal!

Sering Dianggap Sepele, Waspada Tanda Amandel Tidak Sehat yang Bisa Berakibat Fatal!-@jcomp-freepik

Ciri-Ciri Amandel Tidak Sehat

1. Pembengkakan 

Amandel yang mengalami gangguan biasanya tampak bengkak atau membesar. Kondisi ini dapat menyebabkan kesulitan menelan, suara serak, leher kaku, atau nyeri saat menelan makanan.

BACA JUGA:Pencapaian Membanggakan! Divre III Catat Kenaikan 11,2% Pengguna KA Semester 1 Tahun 2024

2. Bintik-Bintik Putih 

Munculnya bintik-bintik putih pada amandel menandakan kondisi tidak sehat. Bintik-bintik ini seringkali berisi nanah dan terjadi ketika amandel meradang. Selain tonsilitis, bintik putih juga bisa disebabkan oleh tonsillolith (batu amandel), yang terbentuk dari bakteri, sisa makanan, dan kotoran yang terjebak dalam celah-celah amandel.

3. Warna Merah Gelap

Saat amandel terinfeksi atau meradang, warnanya bisa berubah dari merah muda menjadi lebih gelap. Ini merupakan salah satu tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang berjuang untuk melawan infeksi, yang tentunya bisa disebabkan oleh virus seperti herpes simpleks, influenza, adenovirus, atau bakteri streptococcus B-hemolyticus Group A.

Waspadai Gejala Amandel Tidak Sehat Akibat Radang Amandel

Radang amandel atau tonsilitis adalah peradangan yang disertai pembengkakan pada amandel. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, terutama anak-anak dan remaja berusia 5-15 tahun. Dengan penanganan yang tepat, radang amandel biasanya sembuh dalam beberapa hari.

Dan yang palings sering terjadi yaitu radang amandel disebabkan oleh infeksi virus, selalin itu bisa juga disebabkan oleh infeksi bakteri. Tonsilitis merupakan penyakit menular yang dapat menyebar melalui droplet atau kontak erat dengan penderita.

BACA JUGA:10 Personel Polres Muba Ikuti Latihan dan Ujian Menembak untuk Memenuhi Persyaratan SIMSA

Selain perubahan warna dan bentuk amandel, radang amandel juga dapat menimbulkan gejala lain seperti:

1. Suara Serak

2. Nyeri Saat Menelan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber