Pencapaian Membanggakan! Divre III Catat Kenaikan 11,2% Pengguna KA Semester 1 Tahun 2024

Pencapaian Membanggakan! Divre III Catat Kenaikan 11,2% Pengguna KA Semester 1 Tahun 2024

Pencapaian Membanggakan! Divre III Catat Kenaikan 11,2% Pengguna KA Semester 1 Tahun 2024--Foto: humas PT kai divre III palembang

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Sektor angkutan penumpang PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang mencatatkan hasil positif peningkatan volume pelanggan pada periode semeseter 1 tahun 2024 dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. 

Pada periode 1 Januari s.d 30 Juni 2024, volume pelanggan di KAI Divre III tercatat sebanyak 505.634 penumpang yang merupakan jumlah keseluruhan dari operasional KA Ekonomi Bukit Serelo relasi Kertapati - Lubuk Linggau (PP).

KA ekonomi Ekspres Rajabasa relasi Kertapati - Tanjung Karang dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati - Lubuklinggau (PP) dengan rata-rata ketersediaan tempat duduk 2. 374 setiap hari nya. Sedangkan pada periode yang sama tahun sebelumnya, 1 Januari s.d 30 Juni 2023, volume penumpang di KAI Divre III tercatat sebanyak 437.635 penumpang.

Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan bahwa terjadi peningkatan volume penumpang di KAI Divre III sebanyak 67.999 atau meningkat 11,2% pada periode semeseter 1 tahun 2024 dibandingkan periode semester 1 tahun sebelumnya. 

BACA JUGA:10 Personel Polres Muba Ikuti Latihan dan Ujian Menembak untuk Memenuhi Persyaratan SIMSA

Lebih lanjut Aida mengungkapkan meningkatnya volume pelanggan pada periode semester 1 tahun 2024 dibanding periode semester 1 tahun 2023, salah satunya tumbuh nya kepercayaan masyarakat untuk memilih kereta api sebagai transportasi dalam bepergian karena adanya peningkatan pelayanan yang KAI Divre III lakukan seperti kemudahan dalam pemesanan tiket online yang bisa dipesan H-45.

Sebelum keberangkatan sehingga masyarakat pelanggan kereta api dapat merencanakan perjalanan nya dengan baik, pengembalian dana pembatalan tiket maksimal 7 hari dari sebelumnya 30 hingga 45 hari dengan proses pembatalan dapat dilakukan melalui aplikasi Acces by KAI selambatnya 2 jam.

Sebelum keberangkatan atau selambatnya 30 menit sebelum keberangkatan di loket stasiun dengan bea pembatalan 25% per tiket yang dibatalkan dan peningkatan fasilitas pelayanan pelanggan di Stasiun.

Untuk meningkatkan pelanggan agar dapat senantiasa menggunakan moda transportasi kereta api, KAI Divre III juga terus meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan di Stasiun, diantaranya dengan menyediakan arena bermain anak dan pojok baca di ruang tunggu stasiun.

BACA JUGA:Tim Tabur Kejati Sumsel Tangkap DPO Kasus Suap PTSL 2019 Asna Ipah di Persembunyiannya di Ogan Ilir

Untuk periode angkutan libur Idul Adha 1445 H dilanjut dengan liburan sekolah tahun ajaran 2023/2024, dari tanggal 13 Juni sampai dengan 16 Juli 2024, tiket yang sudah terjual sebanyak 98.166 tiket atau 119% dari ketersediaan tempat duduk yaitu 82.616 dalam periode tersebut.

Selain itu sampai tanggal 9 Juli 2024, pukul 10.00 KAI Divre III Palembang telah mengangkut 84.103 penumpang dari 8 stasiun keberangkatan penumpang, yaitu stasiun Kertapati, Payakabung, Prabumulih,  Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, Kota Padang dan Lubuk Linggau, dengan stasiun keberangkatan dari Kertapati serta Lubuk Linggau yang banyak naik turun penumpang.

Dengan semangat melayani, KAI Divre III Palembang berkomitmen akan terus meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan dengan harapan minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu.

"KAI Divre III Palembang juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya serta kesetiaan masyarakat yang telah memilih transportasi kereta api sebagai pilihan utama untuk mendukung mobilitas," tutup Aida.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: