Kominfo Investigasi Dugaan Pembocoran Data oleh 'Orang Dalam' PDN

Kominfo Investigasi Dugaan Pembocoran Data oleh 'Orang Dalam' PDN

Kominfo Investigasi Dugaan Pembocoran Data oleh 'Orang Dalam' PDN--free pik.com

BACA JUGA:Antisipasi Karhutlah di Sumsel, Pelaksanaan TMC akan Dilakukan 10 Hari ke Depan

Terkait dengan serangan ransomware tersebut, Semmy menyatakan bahwa Kominfo bersama pihak terkait lainnya sedang melakukan proses pemulihan secara bertahap hingga PDN yang terkena ransomware dapat pulih sepenuhnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Kominfo sudah mencoba dekriptor gratis yang diberikan oleh peretas PDN. Namun, ia belum bisa memastikan kapan PDN dapat pulih sepenuhnya.

"Semalam kami mencoba kunci dekripsi tersebut dan berfungsi. Tetapi, data yang dikunci sangat banyak, jadi saya masih belum tahu prosesnya bagaimana," tambah Semmy.

Insiden ini menambah deretan masalah yang dihadapi Kominfo, yang kini harus berfokus pada pemulihan dan investigasi untuk memastikan keamanan data nasional.

BACA JUGA:Hilang Kendali, 2 Orang Pengendara Sepeda Motor di Palembang Meninggal Dunia

Dengan adanya keterlibatan berbagai pihak dalam investigasi, diharapkan dapat ditemukan akar masalah dan solusi yang tepat agar kejadian serupa tidak terulang di masa depan. Keamanan data nasional menjadi prioritas utama untuk melindungi informasi sensitif dari ancaman baik internal maupun eksternal.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber