MPV Listrik Zeekr 009 Akan Saingi Alphard: Bakal Dijual dengan Harga Miliaran

MPV Listrik Zeekr 009 Akan Saingi Alphard: Bakal Dijual dengan Harga Miliaran

MPV Listrik Zeekr 009 Akan Saingi Alphard: Bakal Dijual dengan Harga Miliaran--zeekrglobal.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Toyota Alphard, Lexus LM atau Vellfire Lexus LM masih menjadi penguasa di pasar mobil MPV kelas premium. Namun, sebentar lagi, mobil-mobil mewah tersebut akan mendapatkan pesaing yang lebih canggih.

Setelah Maxus Mifa 9 diperkenalkan di Indonesia sejak tahun lalu oleh Indomobil Group dan kembali dihadirkan oleh MG Motor pada Februari 2024, ada lagi MPV mewah bertenaga listrik yang siap menyaingi Alphard. Mobil tersebut adalah Zeekr 009, sebuah MPV listrik berbasis baterai yang akan dijual oleh PT Premium Auto Prima sebagai lengan penjualan Zeekr di Indonesia.

Secara spesifikasi, sebenarnya mobil Zeekr 009 bukan merupakan pesaing langsung untuk Alphard karena mobil keluarga ini terlahir sebagai mobil listrik yang murni, bukanlah hybrid atau konvensional. Namun, secara harga, sepertinya akan bersinggungan.

MPV yang didatangkan dari Tiongkok ini merupakan saudara kandung Volvo EM90. Mengandalkan baterai cell-to-pack 3.0 atau CTP serupa dengan konsep BYD Atto 3 dan Dolphin yang menyatu dengan sasis.

BACA JUGA: Sah! Undang-Undang Ibu Hamil Dapat Cuti 6 Bulan Ditanda Tangani Jokowi

Komponen penyimpan energi listrik tersebut memiliki kapasitas besar, yakni 140 kWh. Berdasarkan pengujian CLTC (China Light Duty Vehicle Test Cycle), jarak tempuh Zeekr 009 mencapai 822 kilometer.

Sementara dinamo listrik ini sebagai sumber penggerak rodanya bisa menghasilkan tenaga sebesar 400 kW, atau setara 536,4 dk. Sehingga untuk mengajaknya berlari dari posisi diam ke 100 km per jam, hanya memerlukan waktu 4,5 detik.

Tergolong kencang untuk mobil keluarga dengan dimensi yang cukup besar, karena panjangnya mencapai lebih dari lima meter, atau tepatnya 5.209 milimeter, lebar 2.024 mm, tinggi 1.848 mm, dan jarak poros roda depan ke belakang 3.205 mm.

Mobil MPV ini dapat menampung 6 penumpang dengan konfigurasi captain seat, mulai dari baris depan hingga baris ketiga. Dilengkapi panoramic sunroof yang besar dan untuk sistem hiburannya mengandalkan head unit berukuran besar.

BACA JUGA:8 Negara Rebutkan 4 Tiket Semifinal Euro 2024, Siapa Sajakah Berikut Ulasan Singkatnya !

Selain itu, terdapat layar di bagian atap untuk penumpang, yang terintegrasi dengan 20 speaker lansiran Yamaha. Artinya, ada satu mobil lagi di Indonesia yang menggunakan sistem pengeras suara buatan Jepang tersebut selain Mitsubishi XForce.

"Sebagai langkah awal ini, Zeekr akan menghadirkan dua model mobil listrik, yaitu Zeekr X serta Zeekr 009. Kami melihat kedua kendaraan ini sangatlah cocok untuk pasar Indonesia," ujar Managing Director PT Premium Auto Prima, JinHong Lin Darwin.

Soal harga, Toyota Alphard Hybrid saat ini dibanderol sekitar Rp1,7 miliar. Sedangkan Zeekr 009 di negara asalnya dibanderol sekitar Rp1 miliar.

Artinya, tidak menutup kemungkinan saat dijual di Indonesia, harganya bisa dua kali lipat lebih mahal. Kira-kira, siapa yang akan membeli mobil China semahal itu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber