Bitcoin dan Emas: Pilihan Investasi Mana yang Lebih Menguntungkan?

Bitcoin dan Emas: Pilihan Investasi Mana yang Lebih Menguntungkan?

Bitcoin dan Emas: Pilihan Investasi Mana yang Lebih Menguntungkan?--free pik.com

BACA JUGA:Agen Ikut Jual Eceran, Pedagang Sayur di Pasar Inpres Muara Enim Mengeluh Sepi Pembeli

Pada Maret 2023, Bitcoin menunjukkan korelasi yang meningkat dengan emas, menegaskan perannya sebagai aset yang tahan risiko.

Studi oleh perusahaan analitik Kaiko menunjukkan korelasi Bitcoin dengan emas mencapai 50%, sementara dengan saham hanya 20%. Ini menempatkan Bitcoin sebagai lindung nilai potensial terhadap inflasi dan ketidakpastian ekonomi, terutama selama pandemi COVID-19.

Economist terkemuka seperti Marion Laboure dari Deutsche Bank menggambarkan Bitcoin sebagai emas digital, mengingat pasokannya yang terbatas hingga 21 juta Bitcoin.

Namun, Bitcoin, seperti aset kripto lainnya, memiliki volatilitas yang cenderung tinggi, yang berarti nilainya dapat berfluktuasi secara signifikan dalam waktu singkat.

BACA JUGA:Lagi, Seorang Remaja di Palembang Tewas Terlibat Tawuran di Simpang Celentang

Setiap investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Yang penting adalah memahami situasi keuangan Anda, menganalisis profil, pendekatan, risiko, dan manfaat dari setiap pilihan investasi dengan cermat.

Perbandingan Kinerja Bitcoin dan Emas dari Tahun ke Tahun

Mari kita bandingkan kinerja investasi Bitcoin dan emas dalam lima tahun terakhir. Bayangkan Anda menginvestasikan $100 pada kedua aset ini lima tahun lalu.

Pada waktu itu, harga emas sekitar $42 per gram, sehingga dengan $100 Anda bisa mendapatkan sekitar 2,36 gram emas. Bitcoin saat itu diperdagangkan sekitar $3.850 per koin, yang berarti Anda bisa mendapatkan sekitar 0,026 Bitcoin.

BACA JUGA:Ingin Smartphone Mid-Range Terbaik? iQOO Z9 Series Jawabannya!

Sekarang, perhatikan data Mei 2024. Harga emas naik menjadi $74,41 per gram, meningkatkan nilai investasi emas Anda menjadi sekitar $175,61. Sementara itu, kenaikan harga Bitcoin yang pesat mendorong harganya naik menjadi $62.783 per koin, sehingga nilai investasi Bitcoin Anda sekarang mencapai $1.632,36.

Perbandingan ini dengan jelas menunjukkan bahwa investasi emas Anda tumbuh sebesar 75,61%, sementara investasi Bitcoin Anda meningkat sebesar 1.532,36%. Dalam lima tahun, investasi Bitcoin Anda telah melampaui investasi emas sebesar 9,29 kali lipat.

Perbandingan ini menyoroti potensi Bitcoin sebagai pilihan investasi yang superior.

Bitcoin: Aset Baru dalam Dunia Investasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber