Waspada Ancaman! Trik Penjahat Dunia Maya dan Cara Jitu Melindungi Dana Anda

Waspada Ancaman! Trik Penjahat Dunia Maya dan Cara Jitu Melindungi Dana Anda

Waspada Ancaman! Trik Penjahat Dunia Maya dan Cara Jitu Melindungi Dana Anda-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Belanja online kini menjadi bagian dari kehidupan kita dan banyak orang tidak dapat membayangkan kehidupan sehari-hari tanpa Belanja online. Dengan beberapa klik, petugas pengantaran akan mengantarkan pizza atau makanan langsung ke rumah Anda, dan tiket film akan langsung masuk ke kotak surat Anda.

Hal ini membutuhkan lebih banyak, bukan lebih sedikit, kewaspadaan: toko dan layanan online, serta penipu, mengincar uang Anda. Hari ini, Kaspersky membahas tentang trik penjahat dunia maya dan cara melindungi uang Anda saat berbelanja online pada akhir tahun 2024.

Pencurian Akun

Penyerang terus-menerus menyerang akun pengguna di layanan belanja online. Mengapa? Terkadang semuanya sangat sederhana: mereka ingin mengakses kartu pembayaran yang terhubung ke akun dan bersenang-senang dengan dana yang Anda inginkan. Tentu saja akibat dari pembajakan akun adalah dapat menimbulkan kerugian finansial secara langsung.

Tentu saja, ada kasus yang lebih rumit di mana akun yang diretas digunakan untuk berbagai skema penipuan, seperti menipu pengguna lain atau layanan online, serta pencucian uang dan repatriasi.

BACA JUGA: Daihatsu Gran Max Kendaraan Tangguh dan Hemat untuk Mitra Usaha

Artinya, jika akun Anda yang diretas digunakan untuk aktivitas ilegal, tidak akan mengakibatkan hilangnya uang secara langsung. Namun dengan segala masalah yang menyertainya, reputasi Anda juga dipertaruhkan.

Mari kita lihat lebih dekat bagaimana seseorang dapat membajak sebuah akun.

Phishing

Menerima email tentang giveaway atau pemberitahuan menakutkan tentang akun yang ditangguhkan? Apa pun yang Anda lakukan, jangan klik apa pun: mungkin scammer memburu kredensial Anda.

Misalnya, inilah cara penjahat dunia maya memikat pengguna Amazon ke halaman phishing menggunakan poin bonus yang harus segera diuangkan. Jika pengguna mengklik tautan dan memasukkan data pribadi mereka, ini langsung menuju ke scammers.

Malware

Phishing bukan satu-satunya cara untuk mencuri akun dan data pribadi. Menggunakan Trojan perbankan, penjahat dunia maya dapat memalsukan layar login dan mengetahui kredensial atau mengarahkan Anda ke situs palsu yang akan memberikan informasi kepada mereka atas apapun yang Anda masukkan. 


Waspada Ancaman! Trik Penjahat Dunia Maya dan Cara Jitu Melindungi Dana Anda-freepik-freepik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber