Apakah ChatGPT aman digunakan? Apa yang perlu Anda ketahui

Apakah ChatGPT aman digunakan? Apa yang perlu Anda ketahui

Apakah ChatGPT aman digunakan? Apa yang perlu Anda ketahui-freepik-freepik

ChatGPT dapat menghasilkan kode dan AI diprogram untuk tidak menghasilkan kode berbahaya atau kode yang dimaksudkan untuk tujuan peretasan. Jika kode peretasan diminta, ChatGPT memberi tahu pengguna bahwa tujuannya adalah untuk “membantu tugas-tugas yang berguna dan etis sambil mematuhi pedoman dan kebijakan etika.”

BACA JUGA:Viral Soal Khodam, lantas Bagaimana hukumnya dalam Pandangan Islam ? simak penjelasanya !

Namun, manipulasi ChatGPT bukannya tidak mungkin dan dengan pengetahuan dan kreativitas yang cukup, pelaku kejahatan berpotensi mengelabui AI agar menghasilkan kode peretasan. Di forum peretasan, peretas mengklaim sedang menguji chatbot untuk membuat ulang jenis malware.

Mengingat rangkaian pesan semacam itu telah diidentifikasi secara publik, mungkin ada lebih banyak lagi rangkaian pesan serupa di web gelap . Yang jarang dibicarakan adalah potensi peretasan ChatGPT – jika hal itu benar-benar terjadi, pelaku ancaman dapat menggunakannya untuk menyebarkan informasi yang salah.

Penipuan ChatGPT

Kapan pun teknologi atau platform baru muncul, penipuan baru juga muncul saat penjahat dunia maya mencari cara untuk menghasilkan uang. ChatGPT telah menarik minat yang besar sejak diluncurkan, jadi tidak mengherankan jika melihat penipuan seperti aplikasi ChatGPT palsu menyebarkan malware yang dapat mencuri kata sandi dan uang Anda. Terkadang aplikasi palsu ini dipromosikan dengan pesan akses gratis tanpa batas dengan kecepatan tinggi dengan fitur-fitur baru dan sebagainya.

Seperti biasa, pepatah lama memang benar – jika sesuatu terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang demikian. Berhati-hatilah terhadap penawaran ChatGPT yang dipromosikan melalui media sosial atau email.

Dan berhati-hatilah terhadap aplikasi yang mengaku sebagai aplikasi ChatGPT. Untuk menggunakan ChatGPT di ponsel, Anda dapat melakukannya melalui browser seluler atau menggunakan aplikasi resmi.

ChatGPT juga dapat membantu para profesional keamanan siber

Sebagai salah satu contoh pertama AI yang tersedia untuk umum dengan kemampuan bahasa yang baik, ChatGPT telah menghasilkan banyak diskusi tentang peluang dan potensi risikonya. Seperti halnya teknologi baru lainnya, penting untuk berhati-hati. Sangat mudah untuk terjebak dalam kegembiraan dan lupa bahwa Anda sedang berhadapan dengan layanan online yang dapat dieksploitasi atau disalahgunakan.

Memang benar bahwa, meskipun ChatGPT dapat membantu pelaku ancaman dalam upaya mereka melakukan kejahatan dunia maya, ChatGPT juga dapat membantu untuk tujuan defensif. ChatGPT juga dapat digunakan oleh para profesional keamanan siber sebagai alat bantu mereka.

Gunakan VPN agar tetap aman saat online

Bagaimana pun Anda menggunakan ChatGPT, cara utama untuk memaksimalkan privasi online Anda adalah dengan menggunakan VPN atau Virtual Private Network. VPN menjadikan koneksi internet Anda anonim dan menyembunyikan alamat IP Anda – mencegah pihak ketiga melacak aktivitas Anda.

Jika Anda ingin menyembunyikan alamat IP dan menjelajah dengan aman sekaligus menjaga keamanan data Anda, VPN seperti Kaspersky VPN Secure Connection adalah pilihan yang baik untuk dipertimbangkan.

Kaspersky Secure Connection memungkinkan Anda menjelajah online dengan aman dan anonim, dengan kecepatan terdepan di industri, dan memungkinkan Anda membuka kunci konten global tanpa batasan dari mana saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber