Mengapa Keterlibatan Perempuan di Perwakilan Timses Para Capres Setiap Priode Sedikit?

Mengapa Keterlibatan Perempuan di Perwakilan Timses Para Capres Setiap Priode Sedikit?

Mengapa Keterlibatan Perempuan di Perwakilan Timses Para Capres Setiap Priode Sedikit?--Foto: Instagram@cnnindonesia

Kondisi serupa berlanjut di Pilpres 2019. Pasangan Prabowo Subianto yang maju lagi menggandeng Sandiaga Uno hanya menempatkan 10 orang perempuan di struktur inti Timsesnya. Padahal, total jumlah struktur anggota Timses inti pasangan ini mencapai 94 orang.

Sementara itu, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin menempatkan 37 orang perempuan dari total 155 anggota Timsesnya di Pilpres 2019.

Beberapa di antaranya adalah Megawati Soekarnoputri, Grace Natalie, Puan Maharani, Lena Maryana Mukti hingga Ida Fauziyah.

Terulang lagi di 2024

Tiga pasang calon presiden dan calon wakil presiden yang berlaga di Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo- Mahfud MD telah mengumumkan struktur inti tim sukses masing-masing belakangan ini.

Berdasarkan data yang dihimpun, paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) telah membacakan secara langsung 299 nama yang masuk Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN ke publik pada 21 November lalu.

BACA JUGA: Menakutkan! Benjolan di Payudara Bisa Jadi Tanda Kanker? Ini Caranya Mendeteksi Sejak Dini

Dari total jumlah itu, tokoh perempuan yang masuk dalam Timnas ada 42 orang atau sekitar 14 persen. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga menggaet tokoh-tokoh perempuan di timsesnya.

Berdasarkan dokumen Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, terdapat total 270 yang tergabung dalam struktur inti TKN. Dari total jumlah itu, hanya 32 perempuan yang tergabung atau sekitar 12 persen.

Kemudian, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah mengumumkan lebih dari 654 struktur inti TPN. Dari jumlah itu, Ganjar-Mahfud melibatkan 122 orang perempuan di dalamnya.

Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Sunanto menegaskan pasangan nomor urut tiga itu telah mengajak banyak perempuan untuk bergabung dalam struktur TPN.

Baginya, partisipasi kalangan perempuan di Timses menjadi penting. Bahkan, ia mengatakan telah menempatkan para perempuan di jabatan strategis di TPN lantaran memiliki kualifikasi yang mumpuni.


Mengapa Keterlibatan Perempuan di Perwakilan Timses Para Capres Setiap Priode Sedikit?--foto: [email protected]

"Kami selalu mengajak teman-teman, sahabat perempuan untuk jadi bagian dalam struktur TPN. Bahkan telah ditempatkan di beberapa deputi juga perempuan," kata Sunanto 

Sunanto juga mengatakan TPN Ganjar-Mahfud turut memiliki kedeputian khusus bidang Perempuan. Baginya, hadirnya kedeputian ini sebagai tanda TPN memiliki keberpihakan pada perempuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber