Sejumlah Masjid di Palembang Potong Hewan Kurban pada Hari Kedua Iduladha 1445 Hijriah

Sejumlah Masjid di Palembang Potong Hewan Kurban pada Hari Kedua Iduladha 1445 Hijriah

Masjid Baitul Atiq dan sejumlah masjid lainnya di Palembang potong hewan kurban pada hari kedua Iduladha 1445 Hijriah, Selasa (18/6/2024).-Luthfi-PALTV

PALEMBANG,PALTV.CO.ID - Sejumlah masjid di Kota Palembang memilih melaksanakan pemotongan hewan kurban pada hari kedua Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah.

Seperti di Masjid Baitul Atiq Kelurahan Talang Semut Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang yang melaksanakan pemotongan hewan kurban pada hari Selasa, 18 Juni 2024.

Menurut Panitia Kurban Masjid Baitul Atiq Ahmad Sunaidi, penyembelihan di hari kedua Iduladha ini karena situasi dan kondisi panitia yang dirasa siap pada hari kedua.

“Karena banyak kesibukan yang lain, sehingga membutuhkan tenaga lebih banyak, untuk itu kita lakukan di hari kedua lebaran,” ujar Ahmad Sunaidi.

BACA JUGA: Fokus pada Penyaluran Hewan Kurban, Kemenkumham Sumsel Tiada Remisi Idul Adha


Ahmad Sunaidi, Panitia Kurban Masjid Baitul Atiq, Selasa (18/6/2024).-Luthfi-PALTV

Ahmad Sunaidi kemudian menerangkan alasan melakukan penyembelihan hewan kurban di hari kedua lebaran, yang menurutnya karena kesiapan panitia serta waktu pemotongan yang lebih lama.

“Ini kan membutuhkan tenaga yang lumayan banyak. Kalau hari pertama itu terpotong waktu salat Ied. Belum lagi lamanya proses penyembelihan hewan kurban, sehingga kami melaksanakan penyembelihan ini di hari kedua,” jelas Ahmad Sunaidi.

Namun, dikatakan Ahmad Sunaidi, penyembelihan ini sendiri melihat situasi dan juga kondisi di mana ada masyarakat yang berkurban ingin menyembelih hewan kurbannya dihari pertama, maka panitia siap untuk menyembelihkannya di hari pertama.

“Situasi kondisi, kadang-kadang permintaan masyarakat yang berkurban ini mintanya di hari pertama, ya kita potong di hari pertama,” ungkapnya.

BACA JUGA: Idul Adha 1445 H, KAI Divre III Palembang Salurkan 23 Ekor Hewan Kurban di Wilayah Operasional


Prosesi pemotongan hewan kurban di Masjid Baitul Atiq pada hari kedua Iduladha 1445 Hijriah, Selasa (18/6/2024).-Luthfi-PALTV

Pada Iduladha 1445 Hijriah ini, Masjid Baitul Atiq kali ini menyembelih hewan kurban sebanyak 14 ekor yang terdiri dari 11 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

“Di Masjid Baitul Atiq ini menyembelih hewan kurban 11 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Ini ada peningkatan jauh dari tahun sebelumnya,” terang Ahmad Sunaidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv