Sudah Buka! Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka ITB 2024: Syarat, Jadwal, dan Proses Pendaftaran Terperinci

Sudah Buka! Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka ITB 2024: Syarat, Jadwal, dan Proses Pendaftaran Terperinci

Sudah Buka! Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka ITB 2024: Syarat, Jadwal, dan Proses Pendaftaran Terperinci--Foto: instagram@ sbmitbofficial

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Institut Teknologi Bandung (ITB) mendapat kuota Kartu Kulia Merdeka Indonesia Pintar (KIP-K Merdeka) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk 787 mahasiswa baru tahun 2024.

Kartu dan syarat khusus tersebut adalah : Ketiga jalur masuk ITB terbuka bagi seluruh mahasiswa baru: Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Ujian (SNBT) dan Seleksi Khusus.

Bantuan akademik ini akan diberikan kepada mahasiswa yang menempuh studi selama empat tahun,” kata Nenden Rina Ratnakomala, Wakil Direktur Beasiswa Kemahasiswaan ITB, dalam keterangan tertulis, Jumat, 14 Juni 2024.

Penerima KIP-K Merdeka 2024 adalah mereka yang tamat Sekolah Menengah Pertama (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau sekolah lain yang sejenis. Siswa lulus satu tahun atau setidaknya dua tahun lebih awal.

BACA JUGA: Sengkolo Malam Satu Suro, Kisah Horor yang Mencekam dan Menggugah Hati

Selain itu, mahasiswa telah lulus tes penerimaan baru dalam proses penerimaan perguruan tinggi atau universitas di kampus negeri atau swasta yang terakreditasi. Program studi terakreditasi dan terdaftar dalam Sistem Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Pelamar KIP-K Merdeka yang memiliki kualifikasi akademis tinggi namun mungkin menghadapi kendala keuangan atau berasal dari keluarga miskin atau rentan harus memiliki pendapat khusus dan didukung oleh bukti dokumen yang sah. Pendaftaran Pinjaman Mahasiswa KIP-Kuliah dapat diakses di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ mulai tanggal 12 Februari s/d 31 Oktober 2024.

Bantuan pendidikan KIP -K Merdeka Education Support merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi siswa berbakat dari latar belakang miskin untuk melanjutkan pendidikan mereka melalui universitas. Ini adalah program yang mendukung biaya hidup dan biaya pendidikan siswa yang layak.


Sudah Buka! Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka ITB 2024: Syarat, Jadwal, dan Proses Pendaftaran Terperinci--foto: instagram@sbmitbofficial

Nenden menjelaskan, dalam seleksi penerima KIP-K, pihak universitas melakukan verifikasi dan validasi data penerima KIP-K. Lanjutnya: “Selanjutnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memvalidasi ulang data tersebut dan memperbolehkan kami untuk terpilih sebagai penerima.” Pada tahun 2020 hingga 2023, jumlah penerima KIP-K di ITB sebanyak 2.184 orang.

Selain itu, ITB berkomitmen membantu mahasiswa lain yang mengalami kendala keuangan dengan menawarkan program beasiswa yang dikelola oleh Kantor Urusan ITB. Manfaat beasiswa berkisar dari biaya hidup hingga biaya kuliah tunggal atau UKT.

Adapun persyaratan penerima KIP-K Merdeka Tahun 2024, yakni lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.

Syarat lainnya telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi Akademik atau Perguruan Tinggi Vokasi baik PTN atau PTS yang telah terakreditasi pada Program Studi yang juga telah terakreditasi secara resmi dan tercatat pada sistem akreditasi nasional perguruan tinggi.


Sudah Buka! Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka ITB 2024: Syarat, Jadwal, dan Proses Pendaftaran Terperinci--foto: Instagram@sbmitbofficial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber