Jemaah Haji Menyelesaikan Ibadah Terakhir di Tengah Cuaca Ekstrem

Jemaah Haji Menyelesaikan Ibadah Terakhir di Tengah Cuaca Ekstrem

Jemaah Haji Menyelesaikan Ibadah Terakhir di Tengah Cuaca Ekstrem--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Jemaah haji memanfaatkan pagi hari pada Senin, 17 Juni 2024, untuk melaksanakan hari kedua pelemparan batu simbolis ke arah pilar setan, menghindari panas terik siang hari yang menyebabkan ribuan orang mengalami heatstroke selama pelaksanaan ibadah haji.

Hari-hari terakhir ibadah haji ini bersamaan dengan perayaan Idul Adha oleh umat Muslim di seluruh dunia. Pelemparan batu dilakukan di Mina, sebuah dataran gurun di luar kota Mekkah, Arab Saudi. Pelemparan batu terakhir dijadwalkan pada hari Selasa sebelum Tawaf Perpisahan, yaitu mengelilingi Ka'bah di Mekkah.

Ibadah haji merupakan salah satu dari Lima Rukun Islam, yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim setidaknya sekali seumur hidup jika mereka mampu secara fisik dan finansial.

Ritual haji mengingatkan pada kisah dalam Al Quran tentang Nabi Ibrahim, putranya Nabi Ismail, dan ibunya Hajar.

BACA JUGA:Empat Modus Penipuan Keuangan, Ancaman Tersembunyi di Era Digital

Ritual haji  berlangsung di bawah cuaca panas yang diperkirakan mencapai 49 derajat Celsius di Mekkah dan tempat-tempat suci sekitarnya, menurut Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi.

Lebih dari 2.760 jamaah mengalami sengatan matahari dan tekanan panas hanya pada hari Minggu, menurut Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Yordania melaporkan bahwa 14 jamaah haji dari negaranya meninggal akibat sengatan panas selama pelaksanaan ibadah haji.

Pada Senin pagi, jumlah jemaah di jalan-jalan menuju pilar menurun signifikan dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Pasukan keamanan, petugas medis, dan pertolongan pertama dikerahkan di dalam dan sekitar Mina, terutama di jalan-jalan dan area terbuka untuk membantu para jamaah.

BACA JUGA:Informasi Minim, Penetrasi Mobil Listrik di Indonesia Tertahan

Pelemparan batu dimulai pada Minggu, sehari setelah para peziarah mengunjungi Gunung Arafah yang sakral, tempat mereka menghabiskan hari untuk beribadah dan merenung. Ritual di Gunung Arafah, sebagai puncak ibadah haji.

Para jemaah mengumpulkan kerikil dari Muzdalifah, sebuah area beberapa kilometer dari Gunung Arafah, yang mereka gunakan untuk melempar secara simbolis pada pilar setan di Mina.

Pertemuan Keagamaan Terbesar di Dunia

Ibadah haji adalah salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia. Ritual dimulai pada Jumat ketika para peziarah bergerak dari Masjidil Haram di Mekkah ke Mina, lalu ke Gunung Arafah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber