10 Tips Mengganti Pelek Mobil, Jangan Asal Lagi!

10 Tips Mengganti Pelek Mobil, Jangan Asal Lagi!

10 Tips Mengganti Pelek Mobil, Jangan Asal Lagi!-- Freepik.com

Sebaiknya pilih pelek dengan ukuran dua inci lebih besar dari ukuran standar. Dengan cara ini, ban yang digunakan tetap memenuhi standar kenyamanan tanpa memerlukan kalibrasi ulang spidometer. Strategi "tambah satu atau dua" dapat membantu menentukan ukuran pelek yang tepat tanpa mengorbankan performa dan kenyamanan mobil.

BACA JUGA:Empat Kali Juara! Fnatic Onic Kukuhkan Dominasi di MPL S13

 6. Perhatikan Lebar Pelek

Pelek yang lebih besar umumnya memiliki lebar yang lebih besar pula. Pelek yang lebih lebar meningkatkan area cengkeraman ban, yang dapat menyebabkan peningkatan body roll dan understeer pada mobil. Hal ini perlu diperhatikan agar mobil tetap stabil saat dikemudikan.

 7. Perhatikan Kemampuan EPS dan PCD

Pelek besar dan ban lebar dapat memperpendek usia Electronic Power Steering (EPS), terutama untuk model yang lebih kecil. Selain itu, penting untuk memperhatikan Pitch Circle Diameter (PCD) pelek, yang merupakan jarak antara lubang baut satu dengan lainnya. PCD yang tepat memastikan pelek terpasang dengan aman.

BACA JUGA:Peluncuran Maskot dan Sosialisasi Akbar KPUD Muara Enim Undang Five Minutes

 8. Kualitas Pelek

Pastikan untuk memilih pelek yang asli dan berkualitas. Pelek berkualitas dapat dilihat dari rapi atau tidaknya finishing pelek, baik dari bagian depan maupun belakang. Pelek berkualitas buruk biasanya memiliki banyak potongan logam yang kasar.

9. Hindari Toko Pelek Abal-Abal

Berhati-hatilah dalam memilih toko yang menjual pelek. Banyak toko yang menjual pelek replika dengan mengklaim sebagai pelek asli. Beberapa pelek bekas yang telah retak sering kali diperbaiki dan dijual kembali sebagai pelek baru. Pastikan untuk membeli dari toko yang terpercaya.

BACA JUGA:Rangkaian HUT Palembang ke 1431, Dinas Kominfo Palembang Gelar Lomba Gaple bagi Jurnalis dan OPD

 10. Perhatikan Diameter Luar Ban

Saat mengganti pelek dengan ukuran yang lebih besar, pastikan diameter luar ban tetap sama untuk menjaga kenyamanan berkendara. Pelek yang tepat akan memastikan ban tetap berfungsi dengan baik dan mendukung performa mobil.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, penggantian pelek mobil dapat dilakukan dengan lebih aman dan nyaman, memastikan performa mobil tetap optimal tanpa mengorbankan keselamatan berkendara.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber