Pembukaan Seleksi CASN 2024: Peluang Emas untuk Bergabung dengan Aparatur Sipil Negara

Pembukaan Seleksi CASN 2024: Peluang Emas untuk Bergabung dengan Aparatur Sipil Negara

Seleksi calon ASN kembali dibuka untuk periode Juni 2024--Foto : indonesia.go.id/Antara

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pemerintah resmi mengumumkan dimulainya kembali seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk tahun 2024, mencakup pegawai negeri sipil dan pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Total formasi yang dibuka mencapai 1.289.824, menunjukkan komitmen kuat pemerintah untuk memenuhi kebutuhan layanan publik dan memperkuat birokrasi di berbagai sektor.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas, mengonfirmasi bahwa seleksi CASN 2024 akan dimulai pada Juni atau Juli setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB terkait penetapan kebutuhan atau formasi pegawai ASN.

"Seleksi CASN 2024 akan dimulai setelah instansi menerima keputusan resmi mengenai kebutuhan pegawai ASN," ujar Anas, dalam pernyataan yang diunggah di situs menpan.go.id pada Kamis, 9 Mei 2024.

BACA JUGA:Tips Mendapatkan Beasiswa LPDP Tanpa LoA: Peluang Besar Bagi Anda

Formasi yang tersedia terbagi menjadi 427.650 untuk instansi pusat, dengan rincian 207.247 CPNS dan 221.936 PPPK, serta 862.174 untuk instansi daerah. Dalam hal ini, pemerintah membutuhkan talenta digital untuk ditempatkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan wilayah lainnya, guna mendukung visi Indonesia Emas 2045.

Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat bahwa 602 instansi telah menyerahkan rincian kebutuhan ASN mereka, dengan total persetujuan prinsip mencapai 2,3 juta formasi yang akan dipenuhi secara bertahap. Pelaksanaan seleksi CASN 2024 akan berlangsung dalam tiga periode, yaitu Maret, Juni, dan Agustus 2024.

Dalam proses seleksi kali ini, pemerintah juga berfokus pada pemenuhan formasi di berbagai sektor, termasuk 2.906 formasi talenta digital di IKN, 19.817 di pemerintah daerah, serta 71.643 formasi lainnya di IKN yang terdiri dari 14.114 CPNS dan 57.529 PPPK.

Berdasarkan evaluasi pelaksanaan seleksi CASN 2023, BKN melakukan berbagai perbaikan untuk tahun ini, termasuk peningkatan akurasi verifikasi kualifikasi pendidikan, sertifikasi, dan pengalaman kerja. Teknologi face recognition juga akan diterapkan dalam proses pendaftaran hingga tes, guna menjamin transparansi dan akuntabilitas.

BACA JUGA:Malam Anugerah Paralegal Justice Award Tahun 2024, Kades dan Lurah di Sumatera Selatan Raih 15 Penghargaan

Menteri Anas mengingatkan para calon peserta untuk tidak percaya pada pihak yang menjanjikan kelulusan, karena proses seleksi telah dilengkapi teknologi canggih untuk mencegah kecurangan.

"Teknologi face recognition akan digunakan pada saat pendaftaran dan pengerjaan soal tes, memastikan pelaksanaan seleksi yang lebih aman," tegas Anas pada Jumat, 3 Mei 2024.

Untuk mengikuti seleksi CASN 2024, peserta dapat mengakses portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id/. Berikut beberapa persyaratan administrasi yang harus dipenuhi:

BACA JUGA:Pemerintah Perpanjang Relaksasi Harga Beras Premium dan Medium, Berikut Daftarnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber