Tips Mendapatkan Beasiswa LPDP Tanpa LoA: Peluang Besar Bagi Anda

Tips Mendapatkan Beasiswa LPDP Tanpa LoA: Peluang Besar Bagi Anda

Tips Mendapatkan Beasiswa LPDP Tanpa LoA: Peluang Besar Bagi Anda--Foto : pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bagi lulusan S1 dan S2 yang sedang atau akan mendaftar ke universitas luar negeri, pasti memahami pentingnya Letter of Acceptance (LoA) atau surat keterangan diterima. Dokumen ini sangat penting untuk mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

LoA diterbitkan oleh universitas atau program studi yang dituju. Semua persyaratan dan prosedur dapat ditemukan di universitas atau program studi pilihan Anda. Karena LPDP menyediakan beasiswa untuk S2 dan S3 yang membiayai ketika diterima di universitas tujuan.

Menurut laman LPDP, hingga saat ini, LPDP menerima dua jalur pendaftaran beasiswa berdasarkan status kepemilikan LoA. Calon mahasiswa bisa mendaftar seleksi beasiswa LPDP dengan atau tanpa LoA. Untuk yang sudah memiliki LoA, LPDP menerima LoA Unconditional, yaitu LoA yang diterbitkan tanpa syarat tambahan yang perlu dipenuhi.

Bagaimana jika statusnya masih memegang LoA Conditional? Apakah tetap bisa mendaftar seleksi beasiswa LPDP menggunakan LoA? Jawabannya tetap bisa! Namun, ada syarat-syarat tambahan yang perlu diketahui, yaitu jika yang belum terpenuhi dalam LoA Conditional itu adalah dokumen fisik ijazah dan transkrip nilai, sponsor pendanaan, dan syarat lain yang tidak berisiko mengubah status sebagai calon mahasiswa terpilih.

BACA JUGA:Malam Anugerah Paralegal Justice Award Tahun 2024, Kades dan Lurah di Sumatera Selatan Raih 15 Penghargaan

Mendaftar seleksi beasiswa LPDP dengan LoA juga menghindarkan calon mahasiswa dari tahap Seleksi Bakat Skolastik. Dengan demikian, setelah lolos Seleksi Administrasi, pendaftar bisa langsung ke tahap Seleksi Substansi atau wawancara terakhir yang akan menentukan kelayakan untuk menerima beasiswa LPDP.

Tidak perlu khawatir jika Anda mendaftar beasiswa LPDP tetapi belum memiliki LoA. Tidak ada perbedaan atau prioritas antara mendaftar dengan LoA atau non-LoA dalam menentukan kelulusan untuk mendapatkan beasiswa LPDP.

Jika pendaftar dinyatakan lulus dan layak menerima beasiswa LPDP, mereka akan diberikan waktu 18 bulan untuk mencari LoA. Waktu ini cukup untuk mencari universitas impian yang telah didaftarkan di aplikasi beasiswa LPDP.

Calon mahasiswa beasiswa luar negeri juga akan mendapatkan Letter of Sponsorship (LoS), yaitu surat keterangan yang menyatakan dukungan pendanaan dari LPDP. LoS dapat disertakan saat mencari LoA dan bisa menambah peluang diterima di universitas impian.

BACA JUGA:Pemerintah Perpanjang Relaksasi Harga Beras Premium dan Medium, Berikut Daftarnya!

 

Syarat Pendaftaran tanpa LoA:

Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap II akan dibuka pada 19 Juni 2024. Calon pendaftar bisa mulai menyiapkan dokumen persyaratan dari sekarang.

Pendaftar beasiswa LPDP tidak harus memiliki Letter of Acceptance Unconditional. Namun, peserta dengan LoA Unconditional dapat melewatkan tahap seleksi bakat skolastik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indonesia.go.id