Ingin Hidup Berkah? Ini Amalan-Amalan yang Wajib Diterapkan Umat Muslim Dalam Kehidupannya

Ingin Hidup Berkah? Ini Amalan-Amalan yang Wajib Diterapkan Umat Muslim Dalam Kehidupannya

Ingin Hidup Berkah? Ini Amalan-Amalan yang Wajib Diterapkan Umat Muslim Dalam Kehidupannya--Foto : freepik.com/rawpixel-com

"Perumpamaan orang yang menginfakkan (sedekah) hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 261)

BACA JUGA:Hati-hati! Perilaku Buruk ini Bisa Menghalangi Datangnya Rezeki, Jangan Dilakukan Kalau Tidak Mau Sengsara!


Salah satu kunci hidup berkah adalah sedekah--Foto : Freepik.com/jcomp

 

2.  Takwa

Dengan bertakwa kepada Allah SWT dan rasul-Nya, niscaya seorang muslim akan mendapatkan hidup yang penuh keberkahan. Bertakwa artinya menjauhi semua larangan serta mengikuti segala perintah-Nya. Bertakwa dengan sungguh-sungguh akan mendatangkan keberkahan dalam hidup, baik di dunia maupun di akhirat.

 

 

3.  Bersyukur

Dalam agama Islam, syukur sangat ditekankan sebagai bentuk ibadah dan kesadaran akan kebesaran Allah SWT. Syukur juga dianggap sebagai kunci kebahagiaan dan keberkahan dalam hidup, karena dengan bersyukur seseorang dapat memperoleh kepuasan dan rasa bahagia atas segala nikmat yang diberikan.

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Ini Keutamaan Puasa di Bulan Dzulhijjah, Dapat Menghapus Dosa Selama 2 Tahun


Bertakwa dengan sungguh-sungguh akan mendatangkan keberkahan dalam hidup--Foto : freepik.com/rawpixel-com 

Rasulullah SAW juga mengajarkan kita untuk selalu mengucapkan ‘Alhamdulillah’ setiap kali memperoleh rezeki dari Allah SWT. Seperti yang telah Rasulullah SAW jelaskan dalam hadits riwayat at-Thabrani:

“Barangsiapa yang Allah berikan baginya kenikmatan hendaklah banyak mengucapkan Alhamdulillah. Barangsiapa yang banyak dosanya hendaklah beristighfar kepada Allah. Dan barangsiapa yang lambat datang rezekinya hendaklah banyak mengucapkan la hawla wala quwwata illa billah (tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah).” (HR at-Thabrani)

Demikianlah penjelasan singkat tentang amalan-amalan yang sebaiknya diterapkan seorang Muslim dalam kehidupan sehari-hari agar dapat memperoleh limpahan keberkahan dalam kehidupan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber