Muslim Harus Tahu! Ini Keutamaan Puasa di Bulan Dzulhijjah, Dapat Menghapus Dosa Selama 2 Tahun

Muslim Harus Tahu! Ini Keutamaan Puasa di Bulan Dzulhijjah, Dapat Menghapus Dosa Selama 2 Tahun

Ini Keutamaan Puasa di Bulan Dzulhijjah--Foto : Freepik.com/sketchpedia

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang mulia dalam islam. Dzulhijjah merupakan terakhir dalam kalender Hijriyah atau kalender Islam.

Terdapat banyak keutamaan serta amalan-amalan yang bisa dilakukan pada bulan ini, salah satunya yaitu puasa. Lalu apa saja keutamaan puasa di bulan Dzulhijjah ini? Simak penjelasannya.

Bulan Dzulhijjah termasuk ke dalam empat bulan yang dimuliakan Allah. Keutamaan bulan Dzulhijjah terletak pada 10 hari pertama yang di dalamnya terdapat amalan-amalan dengan pahala berlipat ganda.

Mengutip dari NU Online, dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW mengatakan bahwa ibadah yang dilakukan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah lebih utama dibandingkan jihad. Rasulullah SAW bersabda,

BACA JUGA:Ini Keutamaan Bulan Dzulhijjah serta Amalan-amalan yang Bisa dilakukan Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

“Tidak ada hari dimana amal saleh lebih dicintai Allah dari pada hari-hari ini, yaitu 10 hari pertama Dzulhijjah.”

Para sahabat bertanya, “Tidak juga jihad fi sabilillah?”

Kemudian Nabi menjawab, “Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu dia tidak kembali dengan satupun dari keduanya." (HR al-Bukhâri dan at-Tirmidzi).

Selama bulan Dzulhijjah umat muslim dapat melakukan berbagai macam amalan sunnah salah satunya adalah puasa Dzulhijjah. Puasa Dzulhijjah adalah puasa sunnah yang dapat dikerjakan oleh umat muslim mulai dari tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah.

Menunaikan ibadah puasa sunnah Dzulhijjah memiliki berbagai keutamaan bagi yang melaksanakannya. Oleh sebab itu, umat Islam dianjurkan untuk menunaikan ibadah puasa sunnah Dzulhijjah. Lantas apa saja keutamaan puasa sunnah Dzulhijjah?

BACA JUGA:8 Keutamaan Luar Biasa di Bulan Dzulhijjah yang Dicintai Allah SWT, Kamu Harus Tahu! 

Dirangkum paltv.disway.id dari berbagai sumber, Berikut ini beberapa keutamaan puasa di bulan Dzulhijjah


Puasa Bukan Sekedar Menahan Lapar dan Dahaga, Manfaat Sains --Foto : Freepik.com

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber