Jaga Kehamilan Anda, Jangan Sampai Konsumsi 5 Macam Buah Ini

 Jaga Kehamilan Anda, Jangan Sampai Konsumsi 5 Macam Buah Ini

Jaga Kehamilan Anda, Jangan Sampai Konsumsi 5 Macam Buah Ini--foto: hello sehat

PALEMBANG, PALTV.CO.ID– Kehamilan merupakan suatu kondisi yang sangat ditunggu oleh setiap pasangan yang baru menikah. Mendapatkan buah hati adalah salah satu anugerah yang tak terkira. Selama kehamilan, ibu hamil harus banyak istirahat dan memenuhi beberapa nutrisi untuk bayi yang dikandungnya.

Biasanya, buah-buahan adalah sumber nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil. Namun, ternyata ada beberapa buah yang sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan masalah selama kehamilan, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bahkan, beberapa buah diketahui dapat membahayakan kesehatan janin. Namun, apakah ini benar adanya atau hanya mitos belaka? Dan, apa saja buah-buahan yang harus dihindari oleh ibu hamil? Mari kita jelajahi penjelasannya di bawah ini.

Inilah 5 Daftar Buah yang Perlu Dihindari oleh Ibu Hamil :

Selain mengetahui jenis buah yang bermanfaat selama kehamilan, penting bagi ibu hamil untuk memahami dan mengurangi konsumsi buah-buahan tertentu. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang masing-masing buah tersebut.

BACA JUGA: Kunker di Wilayah Hukum Kejati Sumsel, Jaksa Agung RI Resmikan Gedung Baru Kejari PALI dan Muara Enim

1. Nanas Anggapan bahwa nanas sebaiknya dihindari selama kehamilan cukup umum. Banyak yang percaya bahwa buah ini bisa menyebabkan keguguran atau kelahiran bayi cacat karena mengandung enzim bromelain.

Memang benar bahwa bromelain dalam bentuk tablet sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mengganggu keseimbangan protein dalam tubuh, yang dapat menyebabkan perdarahan. Meskipun begitu, kadar bromelain dalam nanas yang dikonsumsi secara wajar cenderung rendah dan tidak berpengaruh pada kesehatan janin atau ibu hamil. Namun, konsumsi berlebihan nanas dapat memicu kontraksi rahim, yang berpotensi membahayakan janin pada awal kehamilan.

2. Durian Selain nanas, durian juga sering dianggap sebagai buah yang sebaiknya dihindari selama kehamilan. Meskipun sebenarnya, durian aman dikonsumsi oleh ibu hamil dengan porsi yang moderat karena mengandung gula dan karbohidrat tinggi.

Namun, konsumsi berlebihan durian dapat menyebabkan peningkatan berat badan janin, yang mungkin menghambat proses kelahiran. Oleh karena itu, disarankan bagi ibu hamil dengan kondisi seperti diabetes, hipertensi, dan obesitas untuk mengurangi konsumsi durian.

3. Nangka Nangka menjadi pantangan bagi ibu hamil karena dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional karena tingginya kandungan gula. Selain itu, konsumsi berlebihan nangka juga bisa mengganggu pencernaan. Namun, masih aman bagi ibu hamil untuk mengonsumsi nangka dalam jumlah yang wajar sebagai camilan tinggi serat.

4. Pepaya Mentah Pepaya mentah termasuk dalam daftar buah yang sebaiknya dihindari selama kehamilan karena mengandung papain dan lateks yang berpotensi berbahaya bagi ibu dan janin. Lateks dapat memicu kontraksi rahim, sementara papain diketahui bisa menyebabkan persalinan prematur. Keduanya dapat menimbulkan reaksi alergi yang membahayakan.

BACA JUGA:Recall Mobil Listrik Hyundai Indonesia: Ioniq 5 & 6, Penyebab dan Rincian

Sebelum mengonsumsi pepaya, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Dan pastikan untuk mengonsumsi pepaya yang sudah matang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber