Rahasia Memilih Harddisk Eksternal Berkualitas Tanpa Merusak Budget Anda

Rahasia Memilih Harddisk Eksternal Berkualitas Tanpa Merusak Budget Anda

Rahasia Memilih Harddisk Eksternal Berkualitas Tanpa Merusak Budget Anda--Foto: pcmag.com@pcmag

Garansi ini berguna dan dapat digunakan untuk berbagai hal. Misalnya terdapat cacat produksi (kerusakan manufakturing) dari pabrik. Namun, klaim garansi tidak berlaku jika hard disk rusak karena jatuh, tersiram air atau kerusakan karena kotor dan arus listrik yang tidak sesuai.

9. Perhatikan rentang hidup hard disk

Secara umum, rata-rata rentang hidup hard disk eksternal hanya berkisar antara 3-5 tahun. Terlalu singkat? Faktanya memang sesingkat itu usia hard disk eksternal. Penelitian yang dilakukan oleh BackBlaze, perusahaan backup online, menemukan bahwa 90 persen hard disk mampu bertahan hingga 3 tahun dan turun jadi 80 persen dalam waktu empat tahun. 

Dalam penelitian itu, disebutkan bahwa hard disk eksternal dari Western Digital (WD) dan Hitachi bertahan lebih lama dari Seagate. Kerusakan hard disk dapat ditandai ketika komputer melambat, sering macet atau menampilkan peringatan untuk data atau sektor yang rusak. Bisa juga, kerusakan itu disebabkan oleh virus atau malware.

10. Cek shock resistance pada hard disk tersebut

Kita semua tahu bahwa hard disk eksternal jika terjatuh akan merusak data yang ada di dalamnya. Begitu juga dengan air yang bisa merusaknya. Beruntunglah, karena beberapa hard disk eksternal dilengkapi dengan fitur shockproof dan waterproof.

Meski begitu, umumnya memang dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding hard disk lainnya. Beberapa hard disk tangguh yang bisa kamu pilih adalah ADATA SE730, ADATA HD720 1 TB, Silicon Armor A85 4 TB, Samsung T3 Portable hingga LaCie Rugged USB C & USB 3.0 Portable Hard Drive, saran laman Make Use Of. Nah, itulah 10 tips atau cara memilih harddisk eksternal yang harus kamu ketahui sebelum membeli hard disk eksternal. Semoga berguna dan menambah wawasanmu, ya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber