Rahasia Memilih Harddisk Eksternal Berkualitas Tanpa Merusak Budget Anda

Rahasia Memilih Harddisk Eksternal Berkualitas Tanpa Merusak Budget Anda

Rahasia Memilih Harddisk Eksternal Berkualitas Tanpa Merusak Budget Anda--Foto: pcmag.com@pcmag

Lalu, hard disk 1 TB biasa dijual antara Rp700 ribu sampai Rp1 juta dan ukuran 2 TB dibanderol dengan harga Rp1 juta sampai Rp1,4 juta. Meski jarang, ada pula hard disk berukuran 4 TB dan dijual dengan harga Rp1,6 hingga Rp2 juta. Sesuaikan pilihanmu dengan kebutuhan dan budget, ya!

Untuk anak sekolah atau mahasiswa yang hanya perlu menyimpan file-file tugas atau backup file, hard disk eksternal dengan kapasitas 500 GB sampai 1 TB sudah cukup. Sementara, jika kamu kolektor film atau penghobi fotografi, tentunya membutuhkan hard disk dengan kapasitas yang jauh lebih besar.

5. Perhatikan pula kecepatan rotasi hard disk

Tidak semua calon pembeli tahu mengenai hal ini. Hard disk memiliki sesuatu yang disebut dengan revolusi per menit (RPM). Angkanya berkisar antara 4200, 5400, 7200 hingga 10.000 RPM. Semakin cepat RPM, maka semakin cepat pula hard disk akan memproses data yang ada di dalamnya, terang laman Dignited.

Rata-rata hard disk yang dijual di pasaran memiliki kecepatan 5400 RPM. Namun, jika kita seorang gamer, desainer grafis, pengedit foto maupun video, ada baiknya memilih hard disk dengan kecepatan 7200 hingga 10.000 RPM. Ini karena aktivitas tersebut membuat kinerja jadi lebih berat dibanding dengan aktivitas seperti mengetik atau menonton film.


Rahasia Memilih Harddisk Eksternal Berkualitas Tanpa Merusak Budget Anda--foto: pcmag.com@pcmag

6. Mengecek cache size juga perlu untuk dilakukan

Ada pertimbangan lain sebelum membeli hard disk eksternal, yaitu memperhatikan aspek cache size. Simpelnya, cache size bertindak sebagai memori sementara untuk membaca dan menulis data ke penyimpanan permanen pada piringan. Untuk mempermudah, anggap saja cache size seperti RAM pada ponsel atau laptop.

Semakin besar cache size, semakin baik. Apalagi jika hard disk terus-menerus digunakan, seperti hard disk yang dibuat untuk server. Maka, cari ukuran cache yang lebih besar. Berbeda lagi jika hard disk tidak terlalu sering digunakan untuk kebutuhan yang berat, maka ukuran cache standar pun bisa dipilih.

7. Perhatikan kecepatan transfer data

Kecepatan transfer data juga penting untuk diperhatikan. Rata-rata hard disk eksternal memiliki kecepatan transfer data yang berkisar antara 100-200 MB/s. Apabila kecepatannya lebih rendah dari itu, maka akan semakin lambat hard disk itu berjalan. Kecepatan ini bisa terdeteksi ketika kita mentransfer file dari dan ke hard disk dengan cara copy dan paste. 

Ada kalanya, kecepatan transfer itu naik turun dan itu merupakan hal yang normal. Kecepatan transfer ini juga bergantung dari jenis USB yang digunakan. USB 3.0 atau USB 3.1 akan jauh lebih cepat dibanding dengan USB 2.0.

8. Perhatikan garansi yang tersedia

Sekarang, rata-rata hard disk eksternal menyediakan garansi untuk produknya. Misalnya, Seagate menyediakan 3 tahun garansi resmi dari distributor lokal. Begitu pula dengan Transcend, Western Digital (WD) dan Adata. Sementara, Toshiba hanya menyediakan garansi 1 tahun saja.

BACA JUGA:Jus tebu dapat dibuat di rumah tanpa gunna, tetapi ada beberapa peringatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber