Jejak Legendaris: Kisah Mobil Sport Ikonik dari Toyota

Jejak Legendaris: Kisah Mobil Sport Ikonik dari Toyota

Jejak Legendaris: Kisah Mobil Sport Ikonik dari Toyota--ig@lostandclassiccars

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Toyota, perusahaan otomotif asal Jepang yang terkenal dengan mobil-mobilnya yang andal dan efisien, ternyata memiliki sejarah yang cukup menarik di dunia mobil sport.

Meskipun lebih dikenal dengan mobil-mobil keluarga dan ekonomis, Toyota tidak ketinggalan dalam memproduksi beberapa sport car yang cukup ikonik dan diingat oleh para kolektor mobil.

Sport car sendiri merupakan mobil yang dirancang dengan fokus pada performa dinamis, mencakup handling yang baik, akselerasi cepat, kecepatan tinggi, dan sensasi berkendara yang memukau. Dalam artikel ini, kita akan mengulas beberapa sport car ikonik yang pernah diproduksi oleh Toyota.

Sport 800 – 1969

BACA JUGA: Kuasa Hukum Korban Apresiasi Putusan Majelis Hakim, Rugikan Korban Hingga Rp4,1 Miliar

Salah satu mobil sport pertama yang diproduksi oleh Toyota adalah Sport 800. Mobil ini pertama kali diproduksi pada tahun 1965 hingga 1969 dengan total produksi mencapai 3.131 unit.


Jejak Legendaris: Kisah Mobil Sport Ikonik dari Toyota-- [email protected]

Toyota bekerja sama dengan desainer Datsun, Shozo Kato, dan insinyur Toyota, Tatsuo Hasegawa, untuk merancang mobil ini.

Sport 800 menjadi salah satu mobil pertama yang menggunakan panel atap yang dapat dibuka, atau yang dikenal dengan istilah targa top, sebelum Porsche Targa. Bagian atap mobi ini dapat dilepas karena terbuat dari bahan alumunium.

Sport Car Toyota 2000GT – 1967

BACA JUGA: Wajib Tahu! 10 Tren Teknologi yang Mengubah Indonesia di 2024

Toyota 2000GT merupakan grand tourer berlayout mid-engine dengan penggerak roda belakang. Toyota bekerja sama dengan Yamaha untuk menciptakan mobil sport kelas dunia ini.

Alasan Toyota menggandeng Yamaha adalah karena Yamaha telah memiliki Lembaga Penelitian Teknis untuk mengembangkan mobil sport mereka sendiri.

Toyota 2000GT ini dianggap sebagai salah satu mobil sport paling ikonik serta langka di dunia, dengan hanya 351 unit saja yang diproduksi di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber