Wajib Tahu! 10 Tren Teknologi yang Mengubah Indonesia di 2024

 Wajib Tahu! 10 Tren Teknologi yang Mengubah Indonesia di 2024

10 Tren Teknologi yang Mengubah Indonesia di 2024-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Tahun 2024 menjadi tahun penting bagi Indonesia dalam hal adopsi teknologi. Berbagai tren teknologi baru diperkirakan akan mengubah cara kerja, berbisnis, dan berinteraksi di Indonesia.

Berikut adalah lima tren teknologi utama yang diperkirakan akan membawa perubahan signifikan:

1. AI Menjadi “Must-Have” : Kecerdasan Buatan (AI) diperkirakan akan tumbuh menjadi US$1,8 triliun pada tahun 2030, mendorong ekonomi global. Namun, hanya 20% organisasi di Indonesia yang benar-benar siap untuk menjalankan dan memanfaatkan AI.

Dengan urgensi yang meningkat untuk menggunakan teknologi AI, hampir semua organisasi di Indonesia telah memiliki strategi AI yang kuat atau sedang dalam proses pengembangan.

AI telah menjadi bagian integral dari banyak industri, mulai dari perawatan kesehatan hingga manufaktur. Dalam beberapa tahun terakhir, telah ada peningkatan dramatis dalam penggunaan AI di berbagai sektor. Misalnya, dalam bidang perawatan kesehatan, AI digunakan untuk membantu dokter dalam mendiagnosis dan merawat pasien.

BACA JUGA:10 Modifikasi Tabung Minyak Rem untuk Motor Anda yang Membuatnya Bersinar di Jalan

Dalam manufaktur, AI digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

2. Adopsi AI yang Bertanggung Jawab: Adopsi AI harus diarahkan pada tanggung jawab dan etika. Fokus pada privasi data dan deteksi bias menjadi kunci. Perusahaan diharapkan membenamkan keamanan dan etika dalam pengembangan inovasi AI mereka.

Dalam konteks ini, “bertanggung jawab” berarti bahwa perusahaan harus memastikan bahwa AI mereka tidak merugikan individu atau masyarakat secara keseluruhan. Ini termasuk memastikan bahwa AI tidak diskriminatif atau bias, dan bahwa ia menghormati privasi dan hak asasi manusia.

Selain itu, perusahaan juga harus transparan tentang bagaimana mereka menggunakan AI dan data yang mereka kumpulkan.

3. Infrastruktur Jaringan yang Intuitif: Infrastruktur digital perusahaan akan menjadi pembeda utama untuk kesuksesan dalam memanfaatkan AI dan inovasi. Dalam lingkungan multi-aplikasi dan multi-cloud, jaringan menjadi titik kendali untuk mendeteksi dan mengatasi ancaman keamanan.


10 Tren Teknologi yang Mengubah Indonesia di 2024-freepik-freepik

Infrastruktur jaringan yang intuitif adalah

infrastruktur yang dapat dengan mudah disesuaikan dan dikelola untuk memenuhi kebutuhan spesifik perusahaan. Ini termasuk kemampuan untuk secara otomatis mendeteksi dan merespons ancaman keamanan, serta kemampuan untuk dengan cepat dan efisien mengalokasikan sumber daya jaringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: