Mengendarai di Jalur Tanjakan: Strategi dan Teknik yang Efektif

Mengendarai di Jalur Tanjakan: Strategi dan Teknik yang Efektif

Mengendarai di Jalur Tanjakan: Strategi dan Teknik yang Efektif--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Mengemudi di jalur menanjak adalah sebuah tantangan besar bagi pengemudi, terutama bagi mereka yang masih pemula.

Tanjakan bisa menjadi ujian yang sulit untuk dilewati dengan aman dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Diperlukan teknik khusus dalam mengemudi di jalur menanjak agar dapat melakukannya dengan nyaman dan aman. Skill ini harus didukung oleh latihan terus-menerus agar Anda terbiasa mengemudi di medan yang sulit seperti ini.

Tips Mengemudi di Jalur Menanjak

Setiap jalur tanjakan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang landai, namun tak jarang pula ditemui tanjakan yang cukup curam dan berbahaya. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan strategi yang tepat agar tetap aman saat mengemudi di jalur menanjak.

BACA JUGA:Saingin Skuter Matik Lain, Inilah Kelebihan yang Dimiliki TVS Callisto 125

1. Memperhitungkan Kemiringan Tanjakan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memperhitungkan kemiringan  tanjakan yang akan dilalui. Kondisi kemiringan akan memengaruhi cara Anda mengemudi, apakah cukup curam atau tidak.

Jika tanjakan tergolong cukup curam, Anda sebaiknya memposisikan gigi persneling di nomor 2 atau 3.

Namun, jika tanjakan sangat curam, gigi persneling 1 lebih direkomendasikan. Memperhitungkan kemiringan tanjakan bisa menjadi lebih mudah jika Anda sudah terbiasa dengan medan tersebut. Namun, jika ini adalah pertama kalinya Anda melewati tanjakan, maka perlu perhitungan yang matang.

BACA JUGA:Pengertian dan Dampak Halving Bitcoin Terhadap Investasi Kripto serta Strategi Bijak Menghadapinya

2. Menghindari Kopling Menggantung

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh pengemudi adalah menghindari kopling menggantung. Penggunaan kopling setengah ini tidak disarankan karena dapat membuat kopling cepat panas bahkan rusak.

Lebih baik memilih penggunaan kopling 1 dan 2 saat melintasi jalan menanjak. Jika jalanan cukup curam, Anda dapat menggunakan kopling 2 dan 3. Namun, saat jalanan sangat curam, lebih baik menggunakan kopling 1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber