Masih Memilih Menggunakan Transportasi Air, Ratusan Pemudik Padati Dermaga 16 Ilir Jelang Idulfitri 1445 H

Masih Memilih Menggunakan Transportasi Air, Ratusan Pemudik Padati Dermaga 16 Ilir Jelang Idulfitri 1445 H

Masih memilih menggunakan transportasi air, ratusan pemudik padati Dermaga 16 Ilir Palembang jelang Idulfitri 1445 H, Minggu (7/4/2024).-Luthfi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Ratusan pemudik terlihat mulai memadati Dermaga 16 Ilir Palembang jelang lebaran Idulfitri 1445 H/2024. Kebanyakan pemudik memilih transportasi speed boat untuk menuju daerahnya masing-masing.

Dari pantauan Tim PALTV di lokasi pada hari Minggu, 7 April 2024, terlihat puluhan speed boat berjejer menunggu penumpang. Speedboat tersebut memiliki rute tujuan Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Salah seorang sopir speed boat tujuan Makarti Jaya, Adi mengatakan terjadi peningkatan jumlah penumpang jelang lebaran Idulfitri 2024. Sementara dirinya tidak menaikkan tarif biaya pemberangkatan penumpang.

“Kalau dari dulu-dulu belum pernah naikkan ongkosnya dan tetap harga normal. Kalau momen jelang lebaran seperti ini biasanya ongkosnya per orang Rp100.000, itupun tergantung jauhnya perjalanan,” ujar Adi.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Akan Beri Sanksi bagi ASN yang Bolos Setelah Cuti Bersama Idulfitri


Speed boat berjejer menunggu penumpang yang akan mudik ke wilayah perairan di Sumatera Selatan, Minggu (7/4/2024).-Luthfi-PALTV

Ditambahkannya, untuk peningkatan penumpang dalam momentum mudik jelang lebaran ini  mengalami penurunan jumlah penumpang dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau penumpang ini kan sudah terbagi dua, ada yang menggunakan kendaraan pribadi dan juga ada yang masih menggunakan speed boat. Jadi, penumpang sekarang dibanding dulu jelas sudah berkurang,” terang Adi.

Hal ini, masih dikatakan Adi, lantaran akses jalan menuju wilayah tujuan masing-masing pemudik saat ini sudah bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi dan lebih cepat sampai di tujuan.

“Karena wilayahnya saat ini sudah bisa ditempuh dari jalur darat,” ungkap Adi.

BACA JUGA: Menjelajahi Keindahan Alam, Pantai Utama Raya Beach dalam Kemegahan

Sementara itu, Putra salah seorang penumpang speed boat tujuan Jalur 3 mengatakan, alasan dirinya masih menggunakan speedboat sebagai transportasi mudiknya dikarenakan sudah terbiasa dengan moda transportasi tersebut.

“Iya kami dari dulu sudah terbiasa menggunakan speed boat walaupun sekarang akses menggunakan jalur darat lebih cepat ketimbang kita menggunakan speed boat, kami masih menggunakannya,” ungkap Putra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv