Gempa Taiwan Sebabkan Penundaan Produksi dan Peluncuran Iphone dan Macbook

Gempa Taiwan Sebabkan Penundaan Produksi dan Peluncuran Iphone dan Macbook

Gempa Taiwan Sebabkan Penundaan Produksi dan Peluncuran Iphone dan Macbook--freepik.com

PALEMBANG, PALT.CO.ID,- Gempa bumi besar melanda Taiwan pada hari Rabu, menyebabkan banyak kerusakan pada properti dan infrastruktur, termasuk di situs manufaktur TSMC, yang mengakibatkan penghentian produksi.

TSMC memproduksi semua chip kustom Apple termasuk chip-seri A pada iPhone dan chip-seri M pada MacBook.

 Hari ini, gempa bumi besar dengan skala Richter 7.4 melanda Taiwan –– yang terkuat dalam 25 tahun terakhir. Gempa bumi tersebut menyebabkan 7 kematian dan lebih dari 700 orang terluka.

Ini juga menyebabkan banyak kerusakan pada infrastruktur, termasuk kerusakan signifikan pada situs manufaktur TSMC, menurut laporan oleh MacRumors.

BACA JUGA:Ternyata ini alasan Honda Tidak Membangkitkan Honda Tiger Lagi Sama Honda?

 TSMC memproduksi semua chip kustom Apple, termasuk prosesor seri A yang ditemukan di perangkat seperti iPhone, iPad, dan AppleTV, serta prosesor M1. Ini berarti mungkin ada penundaan dalam produksi iPhone dan MacBook.

 Ini juga mungkin berdampak pada peluncuran Apple yang akan datang.

Menurut laporan MacRumors, pabrik fabrikasi N3 TSMC di Tainan mengalami kerusakan struktural, termasuk balok dan kolom yang retak, yang mengakibatkan penghentian produksi sepenuhnya.

 Hal ini mempengaruhi mesin EUV (Extreme Ultraviolet) yang penting untuk proses manufaktur di bawah 7nm, yang sekarang berhenti berfungsi.

BACA JUGA:Melalui Perbedaan Ketupat dan Buras: Menyelami Kaya Budaya dan Sensasi Rasa Indonesia

Selain itu, laboratorium riset dan pengembangan juga mengalami kerusakan yang cukup besar, seperti dinding retak.

Demikian pula, pabrik fabrikasi lain di Hsinchu melaporkan pipa yang rusak dan kerusakan signifikan pada wafer, yang mengakibatkan penghentian sementara dalam produksi.

 Dilaporkan bahwa chip yang dibuat oleh TSMC, seperti A17 Pro 3nm, yang digunakan dalam iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, membutuhkan pekerjaan berkelanjutan dan pengaturan vakum yang stabil selama berminggu-minggu.

Dan kerusakan pada situs manufaktur dan penghentian produksi berarti bahwa beberapa chip canggih akibat gempa di Taiwan. Ini mungkin telah rusak, bahkan jika mereka tidak langsung rusak selama gempa bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber