Bagaimana Cara Mendapatkan Kemuliaan Malam Lailatul Qadar? Simak Penjelasannya!

Bagaimana Cara Mendapatkan Kemuliaan Malam Lailatul Qadar? Simak Penjelasannya!

Cara Mendapatkan Kemuliaan Malam Lailatul Qadar--Foto : Freepik.com

 

Memperbanyak Shalat Sunah:

Cara mendapatkan malam malam Lailatul Qadar selanjutnya adalan dengan memperbanyak sholat sunnah. Dari sebuah hadis riwayat Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

"Barang siapa melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni" (HR. Bukhari).

BACA JUGA:Menelusuri Lorong Waktu: 7 Anime Tak Terlupakan yang Mengukir Sejarah dalam Dunia Animasi!

Dari hadis di atas, tidak disebut secara spesifik shalat seperti apa yang dilakukan. Dalam hal ini, kita dapat mengerjakan sekaligus memperbanyak salat sunah yang biasanya diamalkan pada malam hari di bulan ramadhan, seperti shalat tahajud, salat tarawih, dan salat witir.

 

Memperbanyak Doa:

Perbanyaklah doa di malam-malam sepertiga terakhir bulan Ramadhan merupakan salah satu amalan untuk meningkatkan peluang meraih kemuliaan malam Lailatul Qadar. Rasulullah SAW memerintahkan Ummul Mukminin Aisyah untuk berdoa di malam-malam tersebut. Dalam sebuah hadis riwayat Aisyah RA, beliau berkata:

“Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku mendapatkan malam Lailatul Qadar, apa yang harus aku ucapkan?”, Rasulullah menjawab: “Ucapkanlah; “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anna”

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku).” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani)

BACA JUGA:Ini Keutamaan di 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan, Yuk Isi Dengan Amalan-amalan Ini, Dijamin Pahala Berlimpah


Perbanyaklah doa di malam-malam sepertiga terakhir bulan Ramadhan --Foto : Freepik.com/freepik

 

Itikaf dan Memperbanyak Ibadah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber