Apa Penyebab Mobil Overheat dan Bagaimana Cara Memperbaikinya, 10 Hal Penting Jangan Kalian Lewatkan.

Apa Penyebab Mobil Overheat dan Bagaimana Cara Memperbaikinya, 10 Hal Penting Jangan Kalian Lewatkan.

Apa Penyebab Mobil Overheat dan Bagaimana Cara Memperbaikinya, --Foto : Freepik.com/freepik

BACA JUGA:Cara Mandiri Bersihkan Radiator Mobil Dengan Alat Sederhana Saja

Lantas, jika terjadi overheating, apa yang harus dilakukan? Apakah bisa melanjutkan perjalanan atau harus segera berhenti? Mobil overheat apa harus turun mesin? Perhatikan cara-cara mengatasinya berikut ini:

Jika kamu melihat tanda-tanda mobil overheat, hal pertama yang harus dilakukan adalah berhenti di pinggir jalan. Ini dilakukan untuk meminimalisir kerusakan pada komponen mesin.

Kemudian matikan mesin mobil. Lantas, berapa lama mendinginkan mesin mobil overheat? Setidaknya perlu waktu 30-60 menit untuk mendinginkan mesin mobil.

Kemudian, buka kap mesin agar panas tidak terperangkap di dalam ruang mesin. Dengan membuka kap mobil, secara perlahan uang akan terlepas ke luar dan mesin lebih cepat mendingin.

BACA JUGA:Radiator Mobil Pecah: Penanganan Darurat dan Penggunaan Lem Radiator

Pastikan untuk tidak langsung membuka tutup radiator ketika mesin masih panas atau bahkan mengeluarkan asap. Apabila tutup radiator langsung dibuka, ini bisa memicu uap lain dan air bertekanan tinggi lepas sehingga bisa menyebabkan percikan api.

Selanjutnya, periksa tabung cadangan air radiator. Periksa juga indikator ketinggian airnya. Apabila airnya kurang, segera tambahkan karena apabila pendinginnya tidak mencukupi maka bisa berakibat fatal pada mesin

Jika penyebab mobil overheating tidak dapat dihindari, segera lakukan pengecekan apakah terdapat kebocoran pada sistem pendinginan. Yakni meliputi bagian radiator, blok mesin, dan kepala silinder.

Apabila semua upaya mengatasi mobil yang overheat tetap panas atau mogok, sebaiknya segera panggil bantuan. Kamu bisa menghubungi bengkel terdekat. Terlebih saat ini kamu bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi.

BACA JUGA:Risiko Yang Terjadi Jika Air Radiator Kering dan Pengaruhnya Bagi Mesin Mobil

Overheating memang merupakan masalah yang harus segera ditangani jika kamu ingin kendaraan tetap bisa berfungsi secara normal. Jika tidak ingin mobil kesayangan mengalami overheating, lakukan pemeriksaan berkala agar terhindar dari penyebab mobil overheating.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber