Apa Penyebab Mobil Overheat dan Bagaimana Cara Memperbaikinya, 10 Hal Penting Jangan Kalian Lewatkan.

Apa Penyebab Mobil Overheat dan Bagaimana Cara Memperbaikinya, 10 Hal Penting Jangan Kalian Lewatkan.

Apa Penyebab Mobil Overheat dan Bagaimana Cara Memperbaikinya, --Foto : Freepik.com/freepik

Sirip Radiator Fungsi sirip radiator adalah untuk membantu membuang panas dari radiator ke udara luar. Jika sirip radiator tersumbat, panas tidak dapat tersalurkan dengan baik sehingga menyebabkan panas berlebih. Bersihkan sirip radiator dari kotoran dan kotoran yang mengganggu sirkulasi panas.

 

4. Menggunakan Cairan Pendingin yang Tepat

Menggunakan cairan pendingin yang tepat sangat penting untuk menjaga kinerja mesin. Pendingin adalah campuran udara dan antibeku atau etilen glikol. Antibeku mencegah refrigeran membeku ketika suhu mencapai 0oC, dan mencegah gas mendidih ketika suhu mencapai 100oC. 

BACA JUGA:Mengatasi Motor Overheat Dengan Sistem Pendingin? Inilah 4 Jenis Sistem Pendingin Pada Sepeda Motor!

Selain itu, antibeku membantu menurunkan suhu udara ketika mencapai titik didihnya yaitu 100oC dan juga membantu mendinginkan udara sebelum mencapai suhu tersebut. Campuran pendingin yang baik adalah 50% antibeku dan 50% udara. Dalam beberapa kasus, terutama di musim dingin, jumlah antibeku dapat ditingkatkan hingga 70%.

 

5. Kipas radiator tidak berfungsi.

Kipas radiator merupakan bagian penting dari sistem pendingin mesin kendaraan Anda. Fungsinya membantu aliran udara melalui radiator untuk meningkatkan proses pendinginan. Kipas radiator terletak di belakang radiator dan dapat digerakkan dengan bantuan motor. 

Namun, beberapa mesin baru tidak berfungsi, terutama saat mobil melaju kencang. Namun pada putaran mesin rendah atau idle, kipas radiator sangat akurat dalam mengalirkan udara dingin melalui radiator. Untuk memastikan performa optimal, periksa kipas radiator dan motor.

BACA JUGA:10 Komponen Mobil Yang Harus Diperiksa Ketika Mobil Overheat

 

6. Pompa Air Macet

Pompa Air Tersumbat salah satu bagian terpenting dari sistem pendingin mesin kendaraan Anda adalah pompa udara. 

Pompa udara di belakang kipas radiator mensirkulasikan udara pendingin melalui water jacket, memproses panas yang dihasilkan dari pembakaran, kemudian dialirkan ke radiator untuk melepaskan panas tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber