Apa Penyebab Mobil Overheat dan Bagaimana Cara Memperbaikinya, 10 Hal Penting Jangan Kalian Lewatkan.

Apa Penyebab Mobil Overheat dan Bagaimana Cara Memperbaikinya, 10 Hal Penting Jangan Kalian Lewatkan.

Apa Penyebab Mobil Overheat dan Bagaimana Cara Memperbaikinya, --Foto : Freepik.com/freepik

PALEMBANG. PALTV.CO.ID - Mesin yang mengalami overheat atau kepanasan merupakan masalah serius dalam berbagai sistem mesin, baik itu kendaraan bermotor, peralatan industri, atau perangkat elektronik.

Overheat terjadi ketika mesin menghasilkan atau menerima lebih banyak panas daripada yang dapat dibuang atau didinginkan. Akibatnya, suhu di dalam mesin meningkat secara signifikan, yang dapat menyebabkan kerusakan serius, mulai dari kerusakan komponen hingga kegagalan total sistem.

Faktor penyebab overheat bisa beragam, mulai dari kelebihan beban kerja, kurangnya pendinginan yang efisien, hingga kurangnya pemeliharaan yang tepat. Penanganan yang cepat dan tepat diperlukan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Mesin overheat atau kepanasan merupakan masalah yang umum terjadi pada mobil. Jika Anda tidak melakukannya dengan cepat dan benar mesin Anda bisa rusak. 10 penyebab Mesin overheat adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:Hindari Overheat! Kenali Penyebab Masalah Pompa Air Mobil Anda

1. Tutup Radiator (Tutup Radiator) Rusak

Tutup radiator rusak, tutup radiator berperan penting dalam menjaga tekanan pada radiator agar tidak mendidih atau menguap. Periksa tutup radiator apakah ada bagian yang rusak.


Tutup radiator rusak --Foto : Freepik.com/jcomp

 

2. Sensor Suhu Rusak

Tugas sensor suhu adalah mengirimkan sinyal suhu ke ECM atau ECU. Jika sensor suhu ini rusak, sinyal tidak dapat dikirim langsung ke ECM/ECU sehingga menyebabkan mesin menjadi terlalu panas. Abaikan sensor suhu yang tidak berfungsi.

BACA JUGA:Hati – Hati Inilah Penyebab Mobil Overheating Yang Perlu Kamu Ketahui

 

3. Sirip Radiator Tersumbat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber