Mengatasi Motor Overheat Dengan Sistem Pendingin? Inilah 4 Jenis Sistem Pendingin Pada Sepeda Motor!

Mengatasi Motor Overheat Dengan Sistem Pendingin? Inilah 4 Jenis Sistem Pendingin Pada Sepeda Motor!

Mengatasi Motor Overheat Dengan Sistem Pendingin? Inilah 4 Jenis Sistem Pendingin Pada Sepeda Motor!-aleksandarlittlewolf-freepik

PALEMBANG, PALTV,CO,ID- Sistem pendingin merupakan Sistem yang terdapat pada sepeda motor untuk dapat mengatasi terjadinya terlalu panas atau overheat pada silinder, piston, dan katup motor.

Keberadaan dari sistem pendingin ini tentunya sangat penting dan mempunyai fungsi untuk dapat mencegah terjadinya perubahan bentuk atau pembakaran bahan bakar abnormal.

Temperatur atau suhu yang tinggi akibat pembakaran gas dapat didinginkan dengan adanya sistem pendingin pada sepeda motor ini. Terdapat beberapa jenis sistem pendingin pada sepeda motor. Lalu, apa saja jenis sistem pendingin tersebut?

Berikut ini beberapa jenis sistem pendingin yang terdapat pada sepeda motor sehingga membuat sepeda motor bekerja dengan optimal dengan kondisi yang tidak terlalu panas atau mengalami overheat.

Sistem Pendingin Dengan Udara Alami

Sistem pendingin udara alami merupakan sistem pendingin yang paling banyak digunakan pada motor bebek dengan kapasitas mesin di bawah 125 cc.

BACA JUGA:Komeng Unggul Suara Pemilu DPD Jawa Barat dengan Perolehan Suara 8,13%.

Kapasitas mesin yang rendah dapat memungkinkan pendinginan dengan memanfaatkan udara alami. Sistem pendingin pada sepeda motor ini memanfaatkan sirip-sirip pendingin yang terdapat pada mesin motor.

Sistem pendingin akan bekerja pada saat sepeda motor sedang berjalan, itulah yang membuat mesin motor tidak ditutup agar aliran udara dapat bekerja.

Cara kerja dari sistem pendingin ini yaitu pada saat sepeda motor berjalan maka udara akan melewati celah pada setiap sirip mesin.

Dari sinilah panas yang mengalir pada silinder mesin akan beralih pada dinding silinder dalam dan silinder luar lalu keluar ke udara.

Kelebihan dari sistem pendingin udara alami ini yaitu baik saat cuaca sedang dingin atau panas. Namun, sepeda motor akan menjadi cepat panas saat kondisi jalanan macet karena tidak adanya udara yang mengalir.

Sistem Pendingin Dengan Udara Kipas

Berbeda dengan sistem pendingin dengan udara alami yang tidak bekerja pada saat macet, sistem pendingin dengan udara kipas justru akan bekerja dengan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber