Tidak Hanya Nuzulul Quran, ini Beberapa Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam yang Terjadi pada 17 Ramadhan

Tidak Hanya Nuzulul Quran, ini Beberapa Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam yang Terjadi pada 17 Ramadhan

Nuzulul Quran--Foto : freepik.com/freepik

Artinya: "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya."

Dalam sebuah riwayat disebutkan, Ibnu Abbas ra menjelaskan bahwa Al-Qur'an yang diturunkan pada malam Lailatul Qadar adalah keseluruhannya yaitu diturunkannya Al-Qur'an dari Lauhil Mahfudz ke Baitul Izzah atau langit dunia, baru kemudian secara berangsur diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. (HR. Ath-Thabrani).

 BACA JUGA:Puasa Bukan Sekedar Menahan Lapar dan Dahaga, Manfaat Sains di Balik Ramadan


Nuzulul Quran yang diperingati oleh umat Islam --Foto : Freepik.com/sketchpedia

 

2.  Perang Badar

Perang Badar terjadi pada bulan Ramadan tahun kedua setelah Hijrah. Yang mana umat Islam berhasil memenangkan peperangan ini. Dan merupakan kemenangan pertama umat islam dalam menentang kemusyrikan dan kebatilan.

Kisah Perang Badar sangat terkenal dalam sejarah Islam dan menyimpan banyak hikmah dan pelajaran di dalamnya. Perang ini terjadi pada tanggal 17 Ramadhan 2 Hijriah. Rasulullah SAW memimpin langsung perang ini dengan melibatkan sekitar 313 pasukan Muslim melawan pasukan Quraisy dari Mekah yang berjumlah 1.000 orang.

 

3.  Wafatnya Istri Rasulullah Aisyah RA

Aisyah radhiyallahu 'anhu, putri Abu Bakar ash-Shiddiq, adalah istri Rasulullah SAW yang dikenal dengan gelar Ummul Mukminin, yang berarti 'ibu dari orang-orang Mukmin'.

BACA JUGA:Jangan Sampai Terlewatkan! Raih Keutamaan Malam Lailatul Qadar dengan Amalan-amalan Berikut Ini

Aisyah wafat pada tanggal 17 Ramadhan tahun 58 Hijriah, setelah menunaikan sholat Witir. Adapun beberapa ulama berpendapat  bahwa ia wafat pada tahun 57 Hijriah dalam usia 63 tahun.

Kematian Aisyah RA menjadi duka yang mendalam bagi seluruh umat Islam. Sebagai istri yang paling dekat dengan Rasulullah SAW, ia memiliki pemahaman yang mendalam tentang kehidupan dan teladan Rasulullah SAW. Jenazahnya kemudian dimakamkan di kuburan Baqi' di Madinah.

Itulah beberapa peristiwa penting dalam sejarah islam yang terjadi pada tanggal 17 Ramadhan, mulai dari Nuzulul Quran hingga wafatnya Aisyah RA. Semoga hal ini dapat menambah pemahaman kita tentang sejarah Islam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber