Tidak Hanya Nuzulul Quran, ini Beberapa Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam yang Terjadi pada 17 Ramadhan

Tidak Hanya Nuzulul Quran, ini Beberapa Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam yang Terjadi pada 17 Ramadhan

Nuzulul Quran--Foto : freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam. Pada bulan ini umat Islam diperintahkan untuk melaksanakan ibadah puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Selain itu, pada bulan ramadhan terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah islam yang terjadi pada 17 ramadhan.

Pada bulan suci Ramadhan, selain membawa keberkahan yang melimpah, ternyata terdapat catatan sejarah atau peristiwa penting yang patut diketahui oleh umat Islam, terutama yang terjadi pada tanggal 17 Ramadhan. Salah satu peristiwa penting yang tak terlupakan bagi umat Islam adalah Nuzulul Quran.

Berikut inilah beberapa peristiwa penting dalam sejarah umat islam yang terjadi pada 17 Ramadhan, Yang telah paltv.disway.id rangkum dari berbagai sumber.

 BACA JUGA:Apakah Menangis Membatalkan Puasa? Berikut Jawaban dan Alasannya!

 

1.  Nuzulul Quran

Dilansir dari laman NU Online, Nuzulul Quran adalah peristiwa saat Al-Quran pertama kali diturunkan.

Namun, dalam Al-Quran, surat Al-Qadr ayat 1-5 menjelaskan dengan jelas bahwa Al-Quran turun pada malam Lailatul Qadar. Dalam surat tersebut, Allah SWT berfirman:

"Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada Lailatul Qadar. Tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul Qadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Rūḥ (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam) itu sampai terbit fajar."

BACA JUGA:Puasa Bukan Sekedar Menahan Lapar dan Dahaga, Manfaat Sains di Balik Ramadan 


Nuzulul Quran adalah peristiwa saat Al-Quran pertama kali diturunkan--Foto : Freepik.com/freepik

Lantas, mengapa Nuzulul Quran Diperingati pada 17 Ramadhan? Masih Mengutip dari laman NU Online, dijelaskan bahwa peringatan Nuzulul Quran pada tanggal 17 Ramadhan didasarkan pada pendapat bahwa pada tanggal tersebut, Rasulullah SAW menerima wahyu pertama kalinya. Yaitu Surat Al-'Alaq ayat 1-5 saat beliau berada di gua Hira, di gunung Jabal Nur.

Karena itulah Nuzulul Quran yang diperingati oleh umat Islam adalah untuk mengenang turunnya ayat Al-Quran pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu Surat Al-'Alaq ayat 1-5. Yang mana ayat tersebut berbunyi:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber