Apakah Menangis Membatalkan Puasa? Berikut Jawaban dan Alasannya!

Apakah Menangis Membatalkan Puasa? Berikut Jawaban dan Alasannya!

Apakah Menangis Membatalkan Puasa? Berikut Jawaban dan Alasannya!-@cookie_studio-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Menangis tidak membatalkan puasa dan tidak membatalkan pahalanya. Di bawah ini penjelasan detail mengenai kaidah Menangis saat puasa sebagaimana dikutip dalam kitab dan hadis.

Aturan dasarnya menyatakan bahwa segala sesuatu yang masuk atau keluar dari rongga tubuh membatalkan puasa. Namun, tidak jarang sebagian dari kita bingung dengan aturan ini.

Salah satu pertanyaan umat Islam adalah apakah boleh menangis saat berpuasa. Itu normal, terkadang sangat sulit mengendalikan emosi. Banyak orang yang mengkhawatirkan hal ini karena menangis adalah hal yang wajar, baik menangis maupun bahagia.

Jadi apakah menangis termasuk pelanggaran puasa? Temukan jawabannya di bawah ini.

Apakah Menangis Membatalkan Puasa?

Saya sering mendengar pertanyaan-pertanyaan yang muncul saat bulan puasa, seperti bagaimana cara berbuka puasa. Apakah puasanya batal seperti saat kita menangis?

BACA JUGA:9.882 Usulan Masuk Dalam Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025

Untuk menghindari kesalahpahaman lebih lanjut, simak penjelasan aturan menangis saat puasa.

Banyak pertanyaan seputar menangis saat puasa. Banyak literatur Islam yang memberikan penjelasan tentang apa saja yang membatalkan puasa.

Pada Matnu Abi Syuja' hal 127 disebutkan terdapat 10 hal yang membatalkan puasa. Berikut penjelasannya.  

والذي يفطر به الصائم عشرة أشياء : ما وصل عمدا إلى الجوف أو الرأس والحقنة في أحد السبيلين والقيء عمدا والوطء عمدا في الفرج والإنزال عن مباشرة والحيض والنفاس والجنون والإغماء كل اليوم والردة  

Artinya:  “Yang membatalkan puasa ada 10 hal yakni (1) sesuatu yang sampai pada rongga bagian dalam tubuh (jauf) atau kepala, (2) mengobati dengan memasukkan sesuatu pada salah satu dari dua jalan (qubul dan dubur), (3) muntah secara sengaja, (4) melakukan hubungan seksual secara sengaja pada alat kelamin, (5) keluarnya mani sebab bersentuhan kulit, (6) haid, (7) nifas, (8) Gila, (9) pingsan di seluruh hari, dan (10) murtad”.

Dari penjelasan di atas terlihat bahwa menangis saat berpuasa bukanlah salah satu alasan mengapa Anda bisa membatalkan puasa. Namun, menangis saat puasa tidak dianjurkan jika tidak ada alasannya.


Apakah Menangis Membatalkan Puasa? Berikut Jawaban dan Alasannya!-freepik-freepik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber