Ini Yang Terjadi Pada Kenyamanan Mobil Anda, Jika Freon AC Bermasalah

Ini Yang Terjadi Pada Kenyamanan Mobil Anda, Jika Freon AC Bermasalah

Ini Yang Terjadi Pada Kenyamanan Mobil Anda, Jika Freon AC Bermasalah--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Freon AC mobil memegang peran penting dalam menciptakan kenyamanan saat Anda berkendara.

Bagian ini memiliki dampak langsung pada kinerja AC mobil, memastikan suhu di dalam kabin tetap sejuk dan nyaman. Mari kita eksplorasi lebih dalam apa sebenarnya freon AC, fungsinya, dan jenis-jenisnya.

Apa itu Freon AC Mobil?

Freon merupakan senyawa cair yang memiliki peran vital dalam menyerap panas dalam sistem AC. Fungsi utamanya adalah mengubah udara panas menjadi udara dingin di dalam kabin mobil.

BACA JUGA:Sebelum Melakukan Modifikasi: Ketahui Ada 7 Kekurangan Modifikasi Turbo Pada Mobil

Freon tidak memiliki warna atau bau, namun merupakan cairan yang efektif dalam menghasilkan udara dingin.

Cara kerja freon dimulai ketika udara masuk ke evaporator dan terkena freon, sehingga udara yang keluar menjadi lebih dingin.

Ketika freon tidak lagi dapat digunakan, udara yang ditekan oleh kompresor akan tetap panas, menandakan bahwa freon perlu segera diganti untuk memastikan kinerja AC yang optimal.

Jenis Freon AC

BACA JUGA:7 Kali Dipenjara dan 6 Kali Ditembak, Pria Bertato di Prabumulih ini Kembali Dipenjara untuk yang ke-8 Kalinya

Ada beberapa jenis freon yang digunakan dalam sistem AC mobil. Penting untuk memahami jenis-jenisnya agar pengisian freon dilakukan dengan benar. Berikut beberapa jenis freon yang umum digunakan:

Freon R-12: Digunakan pada mobil tahun 80-an hingga 90-an, terdiri dari bahan penyusun ethane dan methane. Namun, freon ini kurang ramah lingkungan dan tidak lagi digunakan pada mobil modern.

Freon R-22: Pengganti R-12, digunakan pada mobil di tahun 90-an. Meskipun masih dapat menimbulkan kerusakan pada lapisan ozon, kerusakannya cenderung lebih kecil.

Freon R-134a: Digunakan pada mobil modern, sering disebut sebagai hydro fluoro carbon. Freon ini tidak boleh dicampur dengan jenis lain karena karakteristiknya yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber