Selain Untuk Bikin Pempek, Ternyata Ini Manfaat Ikan Gabus

Selain Untuk Bikin Pempek, Ternyata Ini Manfaat Ikan Gabus

Ikan gabus dipercaya dapat menyembuhkan cedera dan mengobati luka.-MÁY PHUN VỮA-pixabay.com/dankoetechcons

Selain itu, manfaat ikan gabus membantu mengatasi kekurangan gizi yang menimpa bayi dan anak kecil. Masalah seperti ini disebabkan kurangnya albumin dalam tubuh (hypalbuminemia), sehingga nutrisi tidak dapat beredar dengan baik di dalam tubuh.

Risiko kekurangan albumin dalam tubuh antara lain gangguan gizi atau malnutrisi, terutama pada bayi dan anak-anak. Dengan mengonsumsi ikan gabus secara rutin, dapat menyembuhkan penyakit ini.

BACA JUGA:Bulu Mata Anda Botak? Lakukan Cara Berikut

BACA JUGA:Inilah 5 Khasiat Kecombrang bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Kanker

Mengonsumsi ikan gabus 100 gram saja sudah cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan gizi harian yang sangat penting untuk kesehatan.

3. Melancarkan pencernaan

Tekstur ikan gabus yang lembut bisa membantu dalam kesehatan saluran pencernaan. Ikan gabus dapat melancarkan pencernaan, sebab daging ikan gabus mengandung protein kolagen yang lebih sedikit dibandingkan dengan kandungan protein dagingnya. Ikan gabus memiliki sekitar tiga sampai lima persen dari total kandungan protein kolagen.

4. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

BACA JUGA:Hero Marksman Counter Melissa di Gold Lane, Melisa Auto Turu!

BACA JUGA:Ikan Gabus Hias, Indah Tapi Tak Bisa Dibuat Pempek

Salah satu manfaat albumin pada ikan gabus adalah membantu cairan dalam tubuh agar tetap seimbang. Ketika cairan tubuh menurun, protein yang masuk ke dalam tubuh akan rusak, sehingga tidak berfungsi secara normal.

Zat albumin juga menjaga cairan darah agar mengakses ke jaringan tubuh lainnya. Ketika tubuh Anda kekurangan albumin (hipalbuminemia), cairan akan bocor ke jaringan lain seperti asites, akumulasi cairan dengan dinding perut dan organ dalam. Albumin akan mengisi 60 persen kandungan plasma darah.

5. Meningkatkan pertumbuhan dan memperkuat otot

Kandungan proteinnya dapat dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya seperti daging sapi, ayam atau telur. Dengan konsumsi ikan gabus, Anda mendapatkan 16,2 gram protein dengan mengonsumsi 100 gram saja ikan gabus.

BACA JUGA:Video: Pj Bupati OKU Dukung Budi Daya Ikan Gabus untuk Mewujudkan Kampung Perikanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber