Menyelami Kesehatan Dalam Tubuh, Strategi Efektif Membersihkan Usus Kotor dan Mengatasi Gejalanya

Menyelami Kesehatan Dalam Tubuh, Strategi Efektif Membersihkan Usus Kotor dan Mengatasi Gejalanya

Menyelami Kesehatan Dalam Tubuh, Strategi Efektif Membersihkan Usus Kotor dan Mengatasi Gejalanya-freepik-freepik

Mengonsumsi Buah Kering

Salah satu metode alami dan efektif untuk membersihkan usus yang kotor adalah dengan mengonsumsi buah-buahan kering, seperti plum dan kismis. Buah-buahan kering ini kaya akan serat, yang berperan dalam memperlancar gerakan usus dan mengikat sisa-sisa makanan dan zat berbahaya yang mungkin telah menumpuk di dalamnya.

Tidak hanya itu, plum dan kismis juga mengandung senyawa alami seperti sorbitol dan dihidroksi fenil isatina yang memiliki efek pencahar ringan, membantu merangsang gerakan peristaltik di usus serta mendorong pengeluaran zat-zat limbah dari tubuh.

BACA JUGA:11 Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Khasiat-Khasiat Mendalam

Dengan demikian, buah-buahan ini dapat membantu dalam menghilangkan racun dan bahan-bahan sisa yang mungkin masih terdapat di dalam usus.

Untuk mencapai hasil yang optimal, pastikan untuk mengonsumsi buah kering ini dalam jumlah yang sewajarnya dan tetap menjaga asupan cairan yang cukup.

Terapi Hidrokolon

Metode membersihkan usus kotor ini umumnya direkomendasikan untuk pasien yang menderita sembelit kronis dan tidak merespons dengan baik terhadap perawatan obat-obatan. Terapi hidrokolon melibatkan penyuntikan cairan dalam jumlah besar ke dalam usus besar.

Cairan ini membantu membersihkan usus dan mengeluarkan kotoran yang terakumulasi. Namun, seperti prosedur medis lainnya, pengobatan ini dapat menimbulkan efek samping, antara lain:

Mual dan muntah

Dehidrasi

Gangguan keseimbangan bakteri baik dalam usus

Ketidakseimbangan elektrolit tubuh

Peningkatan cairan di paru-paru

Potensi gangguan fungsi jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber