Bagaimana Cara Menghemat Baterai Ponsel Anda Saat di Perjalanan Pulang Kampung?

Bagaimana Cara Menghemat Baterai Ponsel Anda Saat di Perjalanan Pulang Kampung?

Bagaimana Cara Menghemat Baterai Ponsel Anda Saat di Perjalanan Pulang Kampung?-@piksel mentah.com-freepik

Agar awet dan tahan lama, solusinya bisa menonaktifkan bagian-bagian yang tidak terpakai. Misalnya saja memiliki kemampuan GPS, WiFi dan Bluetooth. Disarankan untuk mengaktifkan mode pesawat di area dengan sinyal lemah.

4. Aturlah kecerahan Layar

Menyesuaikan kecerahan layar, tipsnya adalah menyesuaikan kecerahan layar agar baterai ponsel Anda tahan sepanjang hari. Layar dengan tingkat kecerahan tinggi menguras baterai. Perhatikan bahwa layar adalah sumber utama daya baterai.

Misalnya, layar LCD mengonsumsi 8% baterai per jam dan layar LED mengonsumsi 20% baterai per jam. Kemudian secara otomatis akan mengunci layar Anda untuk menyimpan lebih banyak.

5. Pastikan Suhu Normal

Periksa apakah suhunya sama, jika ponsel Anda menjadi panas atau terlalu panas karena penggunaan yang berat, daya baterai akan cepat berkurang.

Umumnya suhu baterai litium-ion adalah 0°C hingga 45°C. Hal ini karena ketika suhu turun di bawah 0°, mobilitas ion logam dan litium dalam elektroda elektrolit berkurang dan energi baterai berkurang dengan cepat.

BACA JUGA:Perbedaan Antara Tanah Haram dan Tanah Halal di Makkah dan Madinah, Batas Dajjal Di Kota Suci

Bila suhu melebihi 45°, baterai. energi juga berkurang. Itu turun drastis. Saat cuaca semakin hangat, baterai bisa kehilangan kemampuannya untuk menyimpan listrik. Jika terkena sinar matahari atau digunakan dalam waktu lama, baterai akan cepat panas hingga 70°C.

6. Hindari penggunaan wallpaper bergerak

Apakah Anda memasang gambar atau wallpaper bergerak default di ponsel Anda? Sebaiknya jangan memasang wallpaper dalam format GIF.

Meski terlihat bagus, wallpaper bergerak dapat menguras baterai Anda dengan cepat karena memerlukan kontrol lebih. Namun, meskipun Anda tidak merasakan efeknya dalam waktu singkat, penggunaan baterai akan berkurang jika dipasang dalam waktu lama.

7. Tips Baterai HP Panjang: Atur Mode Hemat Daya

Tips terakhir adalah mengaktifkan mode hemat daya. Meski terkesan sederhana, namun cara ini sangat efektif untuk memperpanjang umur baterai.

BACA JUGA:Mercedes-Benz Optimistis Penjualan Mobil Listrik Akan Berkembang Pesat Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber