9 Manfaat Siwak untuk Mulut dan Kesehatan Gigi, Halal Digunakan!

9 Manfaat Siwak untuk Mulut dan Kesehatan Gigi, Halal Digunakan!

9 Manfaat Siwak Untuk Mulut dan Kesehatan Gigi, Halal Digunakan!--Foto: instagram@topntp26

Pastikan siwak yang dipilih masih segar dan cukup kuat. Batang atau cabang siwak sebaiknya tidak terlalu kering dan tidak patah.

Kupas kulit luarnya hingga tampak serat-serat putih di bagian dalam.

Gunakan pisau untuk menguningkan bagian ujung siwak. Hal ini dilakukan untuk membuat serat-seratnya menjadi lebih lembut.

BACA JUGA:Beberapa Alasan Penjualan Mobil Hyundai Turun di Awal 2024

Gigit atau kunyah ujung yang sudah dikuningkan sampai seratnya menjadi lembut dan menyerupai sikat gigi alami.

Gosokkan serat siwak pada gigi dengan gerakan memutar atau vertikal ke atas dan bawah.

Setelah selesai, bilas mulut dengan air bersih.

Siwak dapat digunakan selama 5 hari, dan jangan lupa merapikan bulu-bulu halusnya dengan pisau atau gunting. Untuk kesegaran tambahan, siwak juga bisa digunakan bersamaan dengan pasta gigi. Banyak produk pasta gigi modern yang mengandung ekstrak siwak untuk memberikan manfaat tambahan.

Hadits-Hadits tentang Bersiwak

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( لَوْلاَ أنْ أشُقَّ عَلَى أُمَّتِي – أَوْ عَلَى النَّاسِ – لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلاَةٍ )) متفقٌ عَلَيْهِ .

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “Seandainya tidak memberatkan umatku—atau tidak memberatkan manusia—, aku pasti memerintahkan mereka untuk bersiwak bersamaan dengan setiap kali shalat.” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 887 dan Muslim, no. 452]

وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا ، قاَلَتْ : كُنَّا نُعِدُّ لِرَسُوْلِ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – سِوَاكَهُ وَطَهُورَهُ ، فَيَبْعَثُهُ اللهُ مَا شَاءَ أَنْ يَبْعَثَهُ مِنَ اللَّيْلِ ، فَيَتَسَوَّكُ ، وَيَتَوَضَّأُ وَيُصَلِّي . رَوَاهُ مُسْلِمٌ .

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, “Kami biasa menyiapkan siwak dan air untuk bersuci Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allah lalu membangunkannya sesuai dengan kehendak-Nya pada waktu malam. Maka beliau bersiwak, berwudhu, dan melakukan shalat.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 746]

Siwak, dengan segala kandungan dan manfaatnya, tidak hanya menjadi bagian dari tradisi masa lalu, tetapi juga solusi masa depan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber