Bank-bank Besar Siapkan Dana Triliunan Rupiah untuk Ramadan dan Lebaran Tahun Ini

Bank-bank Besar Siapkan Dana Triliunan Rupiah untuk Ramadan dan Lebaran Tahun Ini

Bank-bank Besar Siapkan Dana Triliunan Rupiah untuk Ramadan dan Lebaran Tahun Ini--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Selama bulan Ramadan dan Lebaran tahun 2024, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) telah mengalokasikan dana tunai sebesar Rp45 triliun.

Hal ini menandakan peningkatan sebesar 20% dari jumlah uang tunai yang disediakan pada tahun sebelumnya, yang mencapai Rp37 triliun. 

Direktur Manajemen Risiko BSI, Grandhis Helmi Harumsyah, mengungkapkan angka ini dalam sebuah konferensi pers yang diselenggarakan di Media Center Kementerian BUMN pada Senin (18/3).

Menurut Grandhis, persiapan ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan uang tunai yang cukup bagi masyarakat yang bertransaksi di BSI melalui berbagai saluran baik itu melalui cabang maupun ATM.

BACA JUGA:Panduan Lengkap Cara Menghilangkan dan Membasmi Kutu Kucing

Dia juga menekankan bahwa proses penukaran uang tunai telah dimulai sejak awal Ramadan, dan bagi nasabah yang membutuhkan pecahan khusus.

Mereka dapat langsung mendatangi kantor cabang BSI karena ketersediaan pecahan uang tunai di ATM terbatas. 

Grandhis juga berharap agar nasabah tidak melakukan penukaran uang secara berlebihan yang kemudian akan ditukarkan lagi di tempat lain, mengingat bahwa jumlah uang tunai yang disediakan telah dipertimbangkan dengan cukup matang.

Selain itu, Bank Mandiri juga telah menyiapkan sejumlah dana yang signifikan untuk menghadapi kebutuhan uang tunai selama bulan Ramadan dan Lebaran. 

BACA JUGA:Destinasi Berastagi Saat Ini Memiliki 7 Tempat Wisata Populer Dengan Pilihan Gratis

Total dana yang disiapkan mencapai Rp31,3 triliun, mengalami kenaikan sebesar 10,5% dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Teuku Ali Usman, Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri, menyatakan bahwa langkah ini diharapkan dapat membantu nasabah dalam memenuhi berbagai kebutuhan selama periode penting ini, termasuk pembayaran gaji dan THR ASN.

Sebagian besar dari alokasi dana tersebut digunakan untuk mengisi ATM Bank Mandiri, yang diproyeksikan membutuhkan dana sebesar Rp1,7 triliun per hari selama periode Ramadan dan Lebaran. 

Bank Mandiri tidak hanya mengandalkan mesin ATM, tetapi juga memaksimalkan penggunaan channel pembayaran online seperti mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri untuk membantu nasabah melakukan transaksi dengan cepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber