Menelan Air Liur saat Berpuasa, Apakah Membatalkan Puasa?

Menelan Air Liur saat Berpuasa, Apakah Membatalkan Puasa?

Menelan Air Liur saat Berpuasa, Apakah Membatalkan Puasa?-8pfoto-freepik

BACA JUGA:Wisata Naik Balon Udara di Indonesia Tak Kalah Dengan Cappadocia!

Namun, seperti halnya segala sesuatu, produksi air liur yang berlebihan atau terlalu sedikit dapat menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan, baik itu terkait dengan mulut itu sendiri maupun dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kelebihan produksi air liur, misalnya, dapat mengakibatkan keluhan seperti mulut yang terasa terlalu basah atau bahkan menimbulkan masalah seperti sialolithiasis (batu kelenjar ludah).

Di sisi lain, produksi air liur yang terlalu sedikit dapat meningkatkan risiko terjadinya karies gigi, infeksi mulut, dan gangguan pencernaan.

Air liur yang diproduksi oleh kelenjar ludah di dalam mulut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mulut dan mendukung proses pencernaan makanan.

BACA JUGA:Rahasia Tersembunyi Tidur Saat Berpuasa, Membangun Ketaatan dan Kesehatan yang Optimal!

Produksi air liur yang terlalu sedikit atau berlebihan bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan. Terkait dengan puasa, menelan air liur secara tidak sengaja tidak membatalkan puasa, namun sebaiknya dihindari menelan air liur secara berlebihan.

Disarankan untuk menjaga kebersihan mulut dan pola makan yang sehat selama bulan puasa untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber