Bisa Dipraktekkan! inilah waktu-waktu terbaik dalam bersedekah sesuai anjuran Rasulullah SAW

Bisa Dipraktekkan! inilah waktu-waktu terbaik dalam bersedekah sesuai anjuran Rasulullah SAW

Bisa Dipraktekkan! inilah waktu-waktu terbaik dalam bersedekah sesuai anjuran Rasulullah SAW--Foto : Freepik.com/freepik

Dikutip dari laman zakat.or.id, Setidaknya ada 4 waktu terbaik untuk bersedekah, yaitu dalam kondisi sehat, kondisi ingin kaya raya, kondisi khawatir ekonomi terpuruk, dan sebelum ajal menjemput. Jika seorang muslim bersedekah di waktu-waktu tersebut, maka amalan sedekahnya menjadi lebih bernilai.

 BACA JUGA:Kenali Tanda-Tanda Lailatul Qadar & Maknanya untuk Dapat Pahala Ibadah 1000 Bulan

Dikisahkan dari sebuah hadis yang diriwayatkan oleh sahabat,

Seseorang mendatangi Rasulullah SAW lalu ia bertanya: “Wahai Rasulullah, sedekah yang bagaimanakah yang paling afdhol?”

lala beliau menjawab: “Kamu bersedekah saat sehat, kikir, takut miskin dan kamu berangan-angan untuk menjadi hartawan yang kaya raya. Dan janganlah kamu lalai hingga nyawamu sampai di tenggorokan dan barulah kamu bagi-bagikan sedekahmu, ini untuk si Fulan dan ini untuk Fulan. Dan ingatlah (pada saat di ujung nyawa seperti itu), harta memang untuk si Fulan (yakni akan diwarisinya). “ (HR. Muslim, no: 1713)

Pada hadis tersebut dapat diambil kesimpulan, bahwa terdapat empat waktu terbaik untuk bersedekah bagi umat Islam, sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

 BACA JUGA:30 Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan Dalam Bahasa Indonesia, Arab dan Inggris
empat waktu terbaik untuk bersedekah bagi umat Islam--Foto : vecstock

 

Sedekah Saat Sehat

Sedekah saat dalam kondisi sehat. Saat seseorang dalam kondisi sehat, biasanya orang tersebut berambisi untuk mengejar hal-hal yang sifatnya duniawi.Tidak jarang dalam kondisi ini orang tersebut akan lalai untuk beribadah khususnya bersedekah. Oleh karena itu, waktu yang paling utama untuk bersedekah adalah di saat-saat seperti ini.

Bersedekah dalam Keadaan Sangat khawatir Miskin

Waktu yang diajurkan berikutnya adalah ketika bersedekah tengah dalam kondisi sangat khawatir menjadi miskin. Kondisi ini bisa saja terjadi karena seseorang mungkin sedang dilanda hutang, mengalami PHK atau kerugian dalam menjalankan bisnisnya.

Namun, bagi kaum muslim yang beriman meskipun perasaan yang menghinggapinya ia tidak pernah ragu untuk bersedekah.

BACA JUGA:Mengingat Sekilas Sejarah Penyebaran Islam di Dunia, Indonesia Salah Satu Negara Berpengaruh dalam Syiar Islam

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber